Sedini Mungkin, Ini Dia 6 Cara Jitu Cegah Diabetes

Sedini Mungkin, Ini Dia 6 Cara Jitu Cegah Diabetes
Gambar. www.pexels.com

HIRANKA.COM - Diabetes melitus adalah salah satu penyakit dengan penyebaran paling luas di seluruh dunia. 

Penyakit yang juga sering disebut sebagai penyakit gula atau penyakit kencing manis ini, timbul ketika kadar gula yang ada pada darah melebihi batas normal akibat tubuh tidak mampu melepaskan insulin dan mencegah proses terjadinya metabolisme darah atau dimetabolisme.

Diabetes merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering kali disepelekan, terutama oleh masyarakat Indonesia. Pola makan yang tidak teratur dan juga gaya hidup yang tidak sehat membuat banyak orang di Indonesia yang menderita penyakit ini dari berbagai kalangan usia. Indonesia sendiri tercatat pada peringkat ke-6 dalam hal kematian yang diakibatkan oleh diabetes pertahunnya.

Pada tahun 2021 contohnya, sekitar 263 ribu orang meninggal dunia di Indonesia dengan penyebab utama penyakit diabetes. Diabetes sendiri sangat umum penyebarannya di seluruh dunia, dimana IDF menyebut bahwa 1 dari 10 orang di dunia mengidap penyakit ini.

Jika kamu memiliki gen yang rentan terkena diabetes, misalnya terlahir dari keluarga yang memiliki riwayat sakit gula ini, maka sebaiknya melakukan pencegahan sejak dini. Sebab semakin lama jika tidak diperhatikan diabetes menjadi salah satu penyebab komplikasi penyakit-penyakit lainnya yang datang kemudian.

Sedini Mungkin, Ini Dia 6 Cara Jitu Cegah Diabetes

Berikut ini di antara 6 cara jitu untuk mencegah diabetes sejak dini yang sudah kami rangkumkan untuk kamu:

1. Olahraga Rutin

Berolahraga dengan rutin sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Olahraga dapat membuat tubuh menjadi lebih produktif menghasilkan insulin dan membuat sel-selnya semakin sensitif dalam memetabolisme zat tersebut.

Olahraga juga merupakan cara untuk membakar kalori sehingga menghasilkan energi dan menahan kelebihan glukosa atau zat gula. Nantinya zat-zat itu akan berubah menjadi protein untuk otot sehingga tidak lagi menumpuk dalam darah kita.

2. Hindari Obesitas

Berat badan yang berlebih adalah salah satu faktor utama penyebab diabetes. Obesitas akan menghalangi jalannya proses metabolisme tubuh sehingga produksi insulin menjadi terganggu.

Maka perhatikanlah pola makanmu untuk menghindari berat bedan berlebih. Terutama perihal asupan karbohidrat dan gula.

3. Cek Gula Darah Secara Rutin

Jangan lupa untuk melakukan kontrol kadar gula darah pada tubuhmu secara berkala. Ini agar kamu tetap waspada dengan naiknya kadar gula darah sewaktu-waktu.

Terutama jika kamu termasuk berisiko tinggi atau memiliki riwayat diabetes sebelumnya, maka langkah ini tidak boleh dilupakan.

4. Manajemen Stres

Stres juga merupakan salah satu hal yang dapat membuat kadar gula darahmu naik, lho! Sebab saat tres kamu akan melepaskan semacam hormon yang akan meningkatkan kadar gula darah.

Stres juga dapat menyebabkan perubahan drastis pada pola makan. Maka latihlah dirimu untuk mengelola stres dan menjaga kestabilan emosi ya.

5. Banyak Minum Air Putih

Mulai sekarang, kurangilah minum minuman-minuman berpemanis, dan gantilah dengan banyak minum air putih. Sebab ini juga adalah salah satu penyebab utama diabetes yang dapat menyerangmu.

Air putih dapat memenuhi kebutuhan tubuhmu dengan lebih baik, ia juga dapat menurunkan kadar gula darah. Air putih juga sangat baik untuk kesehatan ginjalmu.

6. Stop Merokok!

Seorang perokok memiliki risiko diabetes 44% lebih besar daripada mereka yang tidak merokok. Bahkan jika ia merokok dengan kadar yang berat, seperti 20 batang setiap harinya, risiko itu bisa meningkat menjadi 61%, lho!

Perokok elektrik / vape juga rentan terserang diabetes, sebab mengalami peningkatan kadar gula darah yang pesat.

Jika kamu peduli pada kesehatanmu, mulai sekarang tinggalkan rokok ya! 



Penulis - Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini