Ragam Buah Pilihan yang Cocok untuk Menu Buka Puasa Bagi Penderita Kolesterol Tinggi

Ragam Buah Pilihan yang Cocok untuk Menu Buka Puasa Bagi Penderita Kolesterol Tinggi
Gambar. www.pexels.com
HIRANKA.COM - Buah-buahan merupakan makanan yang baik untuk di jadikan konsumsi selingan bagi penderita kolesterol tinggi saat waktu berbuka puasa. 

Mengonsumsi buah ialah salah satu cara agar dapat mengontrol kadar dari kolesterol karena buah-buahan banyak mengandung antioksidan, mineral, vitamin, serta kaya akan serat larut.

Makanan yang mengandung banyak serat larut dapat membantu mengurangi kadar dari kolesterol yang tinggi serta dapat menjaga kesehatan jantung. Tak hanya itu, serat juga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah juga membuat rasa kenyang lebih tahan lama, sehingga dapat membantu dalam menurunkan berat badan.

Berat badan yang berlebih merupakan salah satu dari faktor resiko yang dapat meningkatkan kadar kolesterol tinggi. Buah-buahan yang dapat dijadikan pilihan yang terbaik untuk mengatur kolesterol tinggi di waktu berbuka puasa, akan dibahas secara ringkas pada artikel kali ini.

Macam-macam buah pilihan yang baik untuk penderita kolesterol tinggi

Di lansir dari Eat This dan Healthshots, berikut ini macam-macam buah-buahan pilihan yang baik untuk di konsumsi para penderita kolesterol tinggi.

Buah Berri

Buah Berri merupakan buah yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, karena buah Beri memiliki fitonutrien yang sangat serbaguna. Buah beri juga mengandung antioksidan dan antiinflamasi, yang merupakan bahan kimia bioaktif yang telah di ketahui dapat mencegah penyakit pada jantung dan gangguan-gangguan kronis yang lain.

Karena sifat antiinflamasi yang dimiliki buah Berri itu lah, yang menjadikan buah yang satu ini dapat di jadikan buah pilihan bagi para penderita kolesterol tinggi di waktu buka puasa. Buah-buahan yang meliputi buah Berri antara lain stroberi, blackberry , rasberi, bluberi, dan lain sebagainya.

Alpukat

Alpukat merupakan buah pilihan yang cocok untuk di konsumsi para penderita kolesterol tinggi di waktu berbuka puasa karena buah alpukat diketahui memiliki banyak kandungan lemak tak jenuh tunggal serta lemak tak jenuh ganda.

Kedua lemak tak jenuh tersebut bermanfaat untuk kesehatan jantung. Tak hanya itu, buah alpukat secara signifikan bisa mengatur kadar kolesterol High Density Lipoprotein atau HDL  dan Low Density Lipoprotein atau LDL dalam tubuh.

Jeruk

Jeruk merupakan buah pilihan selanjutnya yang baik untuk di konsumsi para penderita kolesterol tinggi saat berbuka puasa karena jeruk memiliki kandungan pektin. Tak hanya itu, jeruk juga mengandung serat dan vitamin C serta memiliki kadar antioksidan yang kuat.

Semua kandungan yang di miliki jeruk tersebut berperan untuk menurunkan kolesterol Low Density Lipoprotein dan trigliserida yang diketahui berbahaya, jeruk juga dapat meningkatkan kolesterol High Density Lipoprotein yang sehat. Namun perlu diketahui bahwa tidak dianjurkan mengonsumsi jus jeruk dengan gula.

Apel

Apel adalah buah yang memiliki segudang nutrisi yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan, salah satunya ialah mencegah kolesterol yang tinggi. Manfaat tersebut karena apel memiliki kandungan pektin, serat larut yang bisa mengikat kolesterol pada sistem pencernaan, dimana akan membawa kolesterol tersebut menuju hati untuk di buang.

Mengonsumsi buah-buahan pilihan yang sudah di sebutkan di atas hanyalah salah satu cara yang dapat di lakukan untuk mengontrol kadar dari kolesterol selama puasa pada bulan ramadhan.

Masih banyak lagi cara-cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengontrol kadar dari kolesterol saat waktu berbuka puasa, seperti tidak mengonsumsi alkohol dan menghindari merokok, serta faktor-faktor lain yang dapat meningkatkan tingginya kadar kolesterol.


 

Penulis - Nabila Dwi Ariati