Mengenali Penyebab Uban Terasa Gatal dan Cara untuk Mengatasinya

Mengenali Penyebab Uban Terasa Gatal dan Cara untuk Mengatasinya
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Rambut yang beruban dapat memicu rasa yang sangat gatal. Hal tersebut terjadi karena membutuhkan perawatan yang lebih ekstra dibandingkan dengan rambut yang tak memiliki uban.

Ketika perawatan yang seharusnya perlu untuk dilakukan tak kunjung di dapatkan, maka rambut yang beruban akan lebih kering sehingga akan memunculkan rasa gatal di kepala. Untuk mengetahui informasi yang lebih jelas, simak penjelasan berikut ini.

Penyebab Uban Terasa Gatal

Melansir dari WebMD, rambut yang sudah beruban memiliki kutikula yang lebih tipis jika di bandingkan dengan rambut lain yang masih memiliki warna yang aslinya.

Kondisi tersebut kemudian membuat rambut yang beruban memerlukan perawatan lebih untuk merawatnya dari bahan kimia, air, kelembapan, sinar UV, dan juga prosedur penataan pada rambut.

Namun ketika uban tidak dirawat dengan baik maka rambut akan menjadi lebih kering, terasa kasar, dan juga mudah patah.

Uban pada rambut akan kehilangan banyak kandungan minyak alami yang dimilikinya sehingga dapat memunculkan iritasi di kulit kepala yang dapat mengakibatkan rasa gatal yang teramat.

Sedangkan menurut University of Arkansas For Medical Sciences, penyebab uban menjadi lebih terasa gatal terjadi karena dicabut. Mencabut rambut yang beruban tersebut dapat membuat luka pada folikel juga dapat menyebabkan infeksi yang akan memunculkan rasa gatal karena uban.

Menggaruk area uban rambut kepala yang dicabut itu juga dapat menimbulkan luka serta dapat memicu kebotakan karena folikel mengalami traumatik sehingga tak bisa memproduksi rambut lagi.

Cara Mengatasi Rambut Yang Beruban

Rambut yang beruban tak dianjurkan untuk dicabut karena dapat memicu rasa gatal pada kulir rambut di kepala. Sedangkan jika rambut yang sudah beruban membuat kulit kepala menjadi lebih kering, maka disarankan untuk melakukan perawatan yang dapat mengembalikan kelembaban pada rambut.

Di lansir dari WebMD, teradapat beberapa cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit kepala yang gatal akibat uban dan menyebabkan rambut menjadi kering, antara lain :

  • Menggunakan produk-produk perawatan rambut yang memiliki kandungan pelembab dari bahan alami seperti sorbitol, minyak zaitun, shea butter, dan gliserin
  • Melindungi rambut dari panas yang di hasilkan oleh alat-alat penataan rambut dengan cara mengoleskan produk-produk krim pelembab pada rambut yang sudah setengah basah
  • Menggunakan topi ataupun pelindung kepala lainnya ketika sedang berada di luar ruangan agar rambut dapat terhindar dari bahaya paparan sinar UV
  • Mengoleskan rambut dengan beberapa tetes minyak kelapa yang sebelumnya sudah dibasahi dan lanjut menggunakan sampo serta kondisioner
  • Menyisir rambut saat menjelang tidur agar minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kepala dapat melindungi semua bagian rambut secara merata
  • Menghindari penggunaan bahan-bahan kimia yang dapat membuat kondisi rambut menjadi lebih kering
  • Mengoleskan masker pada rambut dengan bahan alami yang terdiri dari campuran minyak zaitun dan madu selama setengah jam kemudian di bilas menggunakan sampo serta kondisioner setelahnya
  • Menghindari melakukan kerasa di setiap harinya karena dapat membuat kondisi rambut menjadi lebih kering

Kurangnya kandungan minyak alami dari rambut serta kebiasaan untuk mencabut uban ternyata menjadi penyebab dari alasan mengapa uban terasa sangat gatal di kepala.

Menghentikan kebiasaan untuk mencabut uban serta melakukan perawatan pada rambut dengan sesuai, dapat menghindarkan rambut yang beruban menjadi lebih kering dan juga menimbulkan rasa yang gatal.



Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini