Indah dan Penuh Sejarah! Ini 5 Kota Kuno Menakjubkan di Dunia

Indah dan Penuh Sejarah! Ini 5 Kota Kuno Menakjubkan di Dunia
Gambar. www.pexels.com
HIRANKA.COM - Peradaban manusia sangat erat dengan jalannya sejarah. Sejarah menunjukkan kepada kita perubahan, perkembangan, dan evolusi perjalanan hidup manusia sebagai sebuah spesies makhluk hidup yang menjadi ‘tuan’ di muka bumi ini selama ribuan tahun lamanya.

Manusia meninggalkan jejak-jejak berupa pemukiman, yang akhirnya meluas menjadi desa, lalu semakin lama menjadi kota. Ini tidak lepas dari fitrah manusia yang merupakan makhluk individual sekaligus sosial, dimana mau tidak mau manusia akan butuh kepada bantuan orang lain.

Dari berbagai periode sejarah, lokasi geografis, situasi budaya dan latar belakang sosiologis yang berbeda, bermacam kota muncul dengan masing-masing keunikannya. Ada yang musnah dan ada pula yang tetap bertahan.

Banyak kota-kota lama akhirnya mengikuti perkembangan zaman dengan mengubah gaya arsitektur bangunan, menambahkan jalan-jalan besar, serta teknologi terbaru yang mengubah kota kuno yang gelap menjadi gemerlap.

5 Kota Kuno Menakjubkan di Dunia

Tapi ada juga yang masih mempertahankan keaslian dan keunikannya. Berikut ini kami rangkumkan beberapa kota kuno penuh nilai sejarah yang akan memukau kamu:

1. Civita di Bagnoregio, Italia

Indah dan Penuh Sejarah! Ini 5 Kota Kuno Menakjubkan di Dunia
Gambar. en.wikipedia.org
Jika kamu ingin berjalan-jalan kembali ke masa akhir Kerajaan Romawi di masa lalu, Civita di Bagnoregio adalah pilihan yang tepat. Kota yang berusia kurang lebih 1200 tahun ini dibangun sejak abad ke enam.

Berjarak 110 Km dari Roma, ibukota Italia, kota ini akan menunggu kamu sambil bertengger di atas lereng bukit, dari bukit itu kamu dapat menikmati indahnya pemandangan provinsi Viterbo.

Kota ini akan sangat cocok dikunjungi ketika musim panas, dengan cuaca yang cerah dan kastil batu yang akan menawan matamu.

2. Rothenburg, Jerman

Indah dan Penuh Sejarah! Ini 5 Kota Kuno Menakjubkan di Dunia
Gambar. likewhereyouregoing.com
Memiliki nama lengkap Rothenburg ob der Tauber, kota ini merupakan peninggalan yang sangat indah dari masa abad pertengahan di wilayah Bavaria, Jeman. Rumah-rumah disini beberapa bagiannya dibangun dengan kayu dengan warna pastel yang membuatnya tampak semakin indah.

Sejak abad ke-1 M, disebutkan bahwa Bangsa Kelt sudah mendiami kawasan ini. Kota ini mendapatkan namanya sebab terletak di atas sungai Tauber.

Disini kamu dapat berjalan-jalan di alun-alun, gang-gang, dan pasar yang bernuansa kuno dan membuatmu seakan kembali ke masa lalu.

3. Fenghuang, Tiongkok

Indah dan Penuh Sejarah! Ini 5 Kota Kuno Menakjubkan di Dunia
Gambar. kumparan.com
Fenghuang merupakan salah satu kota kuno tertua yang masih terawat di China dataran. Kota yang berada di pinggiran sungai ini akan menjamu anda dengan jembatan-jembatan, rumah-rumah berarsitektur tradisional China, serta kehidupan pinggir sungai yang unik.

Dibangun sejak masa Dinasti Ming dan Qing, kota ini masih menjaga tradisinya yang kuno dengan bantuan penduduknya yang merupakan etnis minoritas Tujia dan Miao.

4. Praha, Ceko

Indah dan Penuh Sejarah! Ini 5 Kota Kuno Menakjubkan di Dunia
Gambar. www.yuktravel.com
Praha merupakan ibukota dari Republik Ceko. Meskipun berstatus sebagai ibukota, kota ini masih mempertahankan keaslian dan nila-nilai sejarahnya.

Kota Praha dibangun pada abad ke-9, dengan jembatan-jembatan, serta bangunan-bangunan kuno yang menarik, kamu akan merasa sangat betah tinggal di kota penuh sejarah ini.

5. Avignon, Perancis

Indah dan Penuh Sejarah! Ini 5 Kota Kuno Menakjubkan di Dunia
Gambar. pixabay.com
Kota Avignon yang terletak di wilayah Provence, Perancis ini sudah ada sejak abad ke-14. Kota ini merupakan rumah dari para Paus, pemimpin rohani tertinggi bagi umat Katolik. Disini kamu dapat melihat istana-istana berarsitektur gotik yang menghiasi kota.

Kamu juga dapat menikmati keindahan Sungai Rhone, juga Jembatan Saint-Benezet yang romantis.

Di wilayah pusat kota, kamu bisa menjelajahi benteng yang masih terawat dengan baik dan dihiasi dengan 39 menara pengawas di sekelilinggnya.

Jika kamu mengunjungi kota ini di akhir pekan, kamu dapat berkunjung ke pasar loak yang dibuka pada hari Minggu. Apabila kamu berlibur selama musim panas di sini, kamu bisa menikmati pertunjukan di festival teater Avignon.



Penulis_Muhammad Hayyi