Berimbas Pada Kesehatan! Inilah Akibat yang Akan Terjadi Jika Tak Sahur Saat Berpuasa

Berimbas Pada Kesehatan! Inilah Akibat yang Akan Terjadi Jika Tak Sahur Saat Berpuasa
Gambar. freepik.com
HIRANKA.COM - Sahur merupakan salah satu hal penting yang harus di lakukan sebagai persiapan untuk menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Meskipun sahur hukumnya sunnah, namun melewatkan sahur bisa berakibat pada kesehatan.

Untuk mengetahui lebih jauh lagi beberapa akibat yang ditimbulkan karena tidak sahur pada kesehatan, simaklah infomasi berikut ini.

Terdapat beberapa resiko-resiko kesehatan yang dapat di timbulkan akibat seseorang melewatkan sahur saat akan menjalani puasa sehari penuh, antara lain :

Kekurangan cairan

Melansir dari Hamad, rutinitas sahur biasanya di ikuti dengan meminum air sebagai hidrasi serta asupan-asupan cairan lainnya yang bisa menjadi bekas untuk puasa.

Apabila persiapan tersebut dilewatkan, maka akan beresiko kekurangan cairan pada siang hari. Apalagi saat cuaca sedang terik. Maka akan berdampak pada tubuh yang akan lemas saat puasa.

Kadar gula darah rendah

Mengutip dari Raffles Medical Group, melewatkan sahur artinya waktu untuk berpuasa maka akan semakin lama. Ketika melewatkan sahur sebagai persiapan untuk puasa, tubuh akan bergantung pada asupan terakhir yang sebelumnya dikonsumsi.

Hal tersebut dapat meningkatkan resiko kadar gula darah yang rendah. Gak tersebut akan terjadi terutama pada orang-orang yang sebelumnya sudah memiliki riwayat gangguan pada metabolisme seperti penderita diabetes.

Kambuhnya maag atau penyakit lambung lain

Saat seseorang melewatkan sahur, tubuh akan dipaksa untuk berpuasa dengan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan waktu yang seharusnya. Kondisi tersebut dapat rentan menyebabkan asam lambung menjadi naik, tukak lambung, memicu kambuhnya maag serta GERD.

Bau mulut

Mengutip dari CNA Lifestyle, tidak sahur juga dapat mengakibatkan produksi dari air liur menjadi berkurang. Kondisi seperti itu dapat membuat mulut menjadi kering dan sangat rentan untuk menjadi tempat berkembang biaknya bakteri pada mulut. Hal tersebut berdampak pada mulut yang berbau tak sedap.

Makan berlebihan saat waktu berbuka

Saat seseorang tidak sahur juga sangat rentan ingin makan dengan porsi yang berlebih-lebihan pada waktu berbuka puasa. Makan dengan berlebihan seperti itu tidak baik untuk kesehatan karena menyebabkan resiko gangguan pada pencernaan dan juga gula darah dapat melonjak secara drastis.

Melemahkan daya tahan pada tubuh

Melansir dari Dairy Sabah, pola makan yang sehat bisa untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pada tubuh seperti Zinc, vitamin C, vitamin A yang sangat penting bagi kesehatan daya tahan tubuh.

Apabila pola tersebut terganggu karena melewatkan sahur, saya tahan pada tubuh dapat menurun dan melemah sehingga dapat membuat tubuh menjadi mudah tertular penyakit.

Mengingat banyaknya akibat-akibat yang dapat di timbulkan karena melewatkan sahur, maka sebaiknya jika akan melaksanakan ibadah puasa jangan melewatkan ritual persiapan yang satu ini.

Berikut beberapa cara-cara yang dapat dilakukan agar tidak telat untun sahur yang dapat dilakukan antara lain :

Tidur dengan waktu yang lebih awal

Setelah selesai berbuka puasa dan sudah melakukan ibadah-ibadah lain seperti tarawih dan tadarus maka upayakan untuk segera tidur lebih awal agar tidak bangun kesiangan yang dapat menyebabkan seseorang tak sempat untuk melakukan persiapan santap sahur.

Tidak melewatkan olahraga

Selama menjalankan ibadah puasa, menjaga kebugaran dengan berolahraga harus tetap dijalankan. Cobalah untuk olahraga ringan setelah sahur atau sebelum bahkan sesudah waktu berbuka.

Menyiapkan sahur yang menggugah selera dan sehat

Agar membuat lebih semangat untuk sahur, cobalah sebelum tidur menyiapkan menu sahur yang menggugah selera namun tetap sehat. Dengan begitu seseorang akan lebih termotivasi untuk santap sahur.

Seusai menyimak beberapa akibat-akibat melewatkan sahur, upayakan juga untuk tidak melewatkan persiapan puasa yang satu ini, dengan cara mencoba beberapa tips agar tak telat sahur seperti di atas. Semoga bermanfaat!

 


Penulis - Nabila Dwi Ariati
Klaim DANA kaget klik disini