Alasan Overthinking Kerap Terjadi pada Malam Hari Serta Cara untuk Mengatasinya

Alasan Overthinking Kerap Terjadi pada Malam Hari Serta Cara untuk Mengatasinya
Gambar. www.freepik.com
HIRANKA.COM - Overthinking atau memikirkan suatu hal secara berlebihan kerap kali terjadi pada banyak orang di waktu malam hari. Hal tersebut mengakibatkan orang yang sedang overthinking menjadi sulit untuk memejamkan mata, walaupun kondisi badan sudah terlalu letih.

Alasan Overthinking Kerap Terjadi pada Malam Hari Serta Cara untuk Mengatasinya

Memang, waktu malam hari kerap kali menjadi waktu dimana pikiran berkelana dan memikirkan banyak hal hingga sulit untuk memejamkan mata agar dapat tertidur.

Alasan overthinking kerap terjadi pada malam hari

Michelle Drerup seorang spesialis perilaku tidur menuturkan bahwa tubuh manusia memiliki koneksi yang cukup kuat dengan pikiran. Namun, sebelum tidur ketika tubuh sudah berbaring di kasur, pikiran akan lebih cenderung memikirkan hal yang negatif.

Seiring dengan berjalannya waktu, kecenderungan tersebut akan menjadi lebih kuat seperti berada di lingkaran setan. Setelah itu, otak manusia akan di kondisikan untuk mulai khawatir saat berbaring di kasur menjelang tidur pada malam hari.

Hal tersebut mengakibatkan otak akan berpikir bahwa di tempat tidur merupakan hal yang berkaitan dengan kecemasan dan kekhawatiran.

Cara mengatasi overthinking pada malam hari

Terdapat beberapa cara-cara mudah yang dapat dilakukan untuk meredam overthinking di waktu malam hari. Berikut ini beberapa cara-cara untuk mengatasi overthinking pada malam hari :

Bermeditasi sebelum tidur

Dengan melakukan meditasi akan membantu menenangkan otak sehingga akan memudahkan tubuh agar dapat tertidur lelap. Untuk mencoba meditasi dapat dilakukan dengan latihan yang memperlambat pernapasan atau dengan mencoba cara-cara relaksasi yang lainnya.

Melakukan praktek mindfullness pun dapat menjadi salah satu cara untuk menenangkan pikiran-pikiran yang terus mengembara. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memusatkan fokus pikiran pada apa yang tengah terjadi saat itu.

Menulis jurnal harian

Dengan menulis jurnal dapat membantu untuk merilis emosi baik maupun emosi buruk. Ketika pikiran sedang dikuasai oleh pikiran-pikiran yang buruk atau negatif, seseorang dapat mencoba untuk menuliskan hal tersebut di atas secarik kertas.

Dengan menyisihkan waktu kurang lebih 15 menit saja untuk menuliskan hal apapun yang ada di dalam pikiran saat menjelang tidur. Bisa juga dengan menuliskan hal-hal yang dapat membuat bahagia agar pikiran dapat terfokus pada rasa syukur.

Melepaskan ketegangan tubuhan

Pikiran yang sedang cemas dapat menyebabkan sejumlah gejala-gejala fisik, seperti ketegangan pada otot hingga sesak di dada. Dengan melakukan relaksasi otot juga bisa untuk membantu meredam rasa stress pada tubuh.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan menutup mata dan berfokus pada bagian-bagian tubuh, mulai dari jari-jari pada kaki hingga naik ke bahu. Bisa juga dengan melakukan yoga atau peregangan ringan saat menjelang tidur untuk melepaskan ketegangan otot-otot pada tubuh.

Menghindari penggunaan ponsel saat menjelang tidur

Memainkan ponsel atau scrolling media sosial menjelang tidur merupakan hal yang menyenangkan. Namun, hal tersebut merupakan salah satu penyebab yang membuat mata menjadi susah untuk tidur.

Untuk mengatasi hal tersebut, perlu untuk membatasi waktu untuk bermain ponsel, dengan menggunakannya setengah hingga satu jam sebelum tidur agar membantu pikiran untuk lebih santai. Setelah itu, coba untuk menghindari penggunaan seluruh jenis gadget ataupun barang elektronik lainnya agar pikiran menjadi lebih tenang.

Usai menyimak hal-hal yang menjadi penyebab overthinking pada malam hari di atas, serta cara-cara untuk mengatasinya. Namun, apabila tubuh merasakan gangguan pada kesehatan mental tersebut mulai terasa dan mulai mengganggu aktivitas sehari-hari hingga membuat sudah untuk tidur, maka sebaiknya untuk pergi ke dokter ataupun psikolog untuk berkonsultasi.



Penulis - Nabila Dwi Ariati

Klaim DANA kaget klik disini