7 Destinasi Wisata di Tuban yang Sayang untuk Dilewatkan

7 Destinasi Wisata di Tuban yang Sayang untuk Dilewatkan
Gambar. kembangbilo.desa.id
HIRANKA.COM - Tuban merupakan salah satu kota yang terada dipulau Jawa, tepatnya di provinsi Jawa Timur. Kota dengan julukan bumi wali ini menyimpan banyak destinasi wisata yang eksotis dan wajib untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam seperti pantai, goa, air terjun, sungai, dll. Kota ini juga menyimpan destinasi wisata religi dan sejarah.

Kota yang berada di wilayah pesisir ini menyimpan keindahan alam yang elok dan destinasi wisata yang tak kalah menarik dengan kota-kota lain di Indonesia. Tak heran jika destinasi wisata di Tuban menjadi ramai dikunjungi oleh wisatawan dalam kota, luar kota, bahkan wisatawan manca negara.

7 Destinasi Wisata di Tuban

Bagi anda yang sedang merencanakan liburan ke Tuban. Tidak lengkap jika tidak mengunjungi objek-objek wisata sebagai berikut.

Goa Putri Asih

7 Destinasi Wisata di Tuban yang Sayang untuk Dilewatkan
Gambar. phinemo.com
Destinasi wisata alam yang berupa goa ini berada di desa Nguluhan kecamatan Montong kabupaten Tuban. Wisata ini menawarkan keindahan mutiara goa yang sangat menawan. 

Stalagmit, stalaktit, dan flowstone didalamnya. Sorotan-sorotan matahari yang masuk kedalam goa benar-benar menambah kecantikannya.

Disepanjang jalan untuk menempuh perjalanan ke objek wisata ini wisatawan akan disuguhkan dengan banyaknya pepohonan jati yang tumbuh lebat disisi kanan dan sisi kiri jalan sehingga membuat perjalanan akan terasa lebih menyenangkan.

Pantai Boom

7 Destinasi Wisata di Tuban yang Sayang untuk Dilewatkan
Gambar. kumparan.com
Pantai boom merupakan salah satu tempat wisata alam berupa pantai yang cukup populer di Tuban posisi tempatnya yang strategis yaitu berada dipusat kota, di depan alun-alun Tuban serta dekat dengan Masjid Agung membuat destinasi wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Pemandangan yang ditawarkan juga sangat eksotis dan akan memanjakan mata, banyak fasilitas yang bisa anda temui disana mulai dari area parkir, toilet, area bermain anak, musik, warung makan, bianglala, serta spot-spot foto yang menarik. Sembari menikmati angin pantai dibawah pepohonan yang rindang Anda bisa melihat para nelayan yang sedang sibuk mencari ikan.

Sendang Silowo

7 Destinasi Wisata di Tuban yang Sayang untuk Dilewatkan
Gambar. jatim.genpi.co
Wisata Sendang Silowo, begitulah warga setempat menyebut destinasi wisata alam yang satu ini. Destinasi wisata alam yang indah ini terletak di Desa Mandirejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Destinasi ekowisata ini menyuguhkan sumber mata air yang berpadu dan jernih. Ditambah lagi dengan pemandangan pohon sagu yang tumbuh subur di sisi kanan dan sisi kiri sungai sendang silowo.

Untuk menikmati keindahan sendang silowo, pengunjung dapat menyusur sungai dengan cara berkano maupun berenang. Pengelola ekowisata Sendang Silowo menyiapkan penyewaan perahu kano, perahu mesin, juga pelampung untuk berenang dengan harga yang sangat terjangkau.

Air Terjun Nglirip

7 Destinasi Wisata di Tuban yang Sayang untuk Dilewatkan
Gambar. sikidang.com
Pesona yang ditawarkan oleh air terjun yang memiliki ketinggian kurang lebih 2000 meter ini akan membuat Anda betah berada di sana hijaunya pepohonan yang ada disekitar air terjun nglirip membuat udara disana terasa sejuk dan segar.

 Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin merileksasikan badan serta fikiran sembari menikmati panorama alam saat berada di sana. Anda tidak perlu takut merasa lapar karena terdapat warung-warung makanan yang akan mengenyangkan perut Anda.

Makam Sunan Bonang

7 Destinasi Wisata di Tuban yang Sayang untuk Dilewatkan
Gambar. kabartuban.com
Wisata yang satu ini merupakan objek wisata religi yang ada di kota Tuban. Objek wisata ini akan membawa anda berziarah ke salah satu makam Walisongo yang bernama Sunan Bonang, salah satu penyebar agama Islam di Pulau Jawa.

Objek wisata religi ini berada di pusat kota Tuban, tepatnya di depan pantai Boom serta alun-alun kota Tuban. Objek wisata religi ini terletak dikawasan yang sangat strategis, dan aksebilitas yang mudah karena berada di tengah kota.

Objek wisata ini banyak didatangi oleh para pengunjung dan juga peziarah dari berbagai kota bahkan wisatawan dari manca negara.  Objek wisata religi ini menyediakan rest area, parkir, kamar mandi, toko oleh-oleh khas Tuban, aneka warung makan dan jajan, serta masjid.

Museum Kambang Putih

7 Destinasi Wisata di Tuban yang Sayang untuk Dilewatkan
Gambar. kemuseum.org
Wisata sejarah yang satu ini berisikan benda-benda yang sangat bersejarah pada masa lalu.  Pada objek wisata ini pengunjung tidak hanya dapat berwisata saja, melainkan mendapatkan edukasi tentang benda bersejarah di zaman dahulu. Museum ini terletak dikawasan pusat kota yaitu dekat dengan alun-alun, pantai boom, Masjid Agung, dan makam Sunan Bonang.

Koleksi benda yang bisa ditemui disana berjumlah sekitar 600 buah, koleksi tersebut seperti peralatan melaut dari berbagai negara yang ditemukan sejak puluhan tahun lalu, ketika Tuban menjadi sebuah pelabuhan besar.

Pantai Pasir Putih Remen

7 Destinasi Wisata di Tuban yang Sayang untuk Dilewatkan
Gambar. memorandum.co.id
Pantai pasir putih temen merupakan salah satu objek wisata alam berupa pantai yang ada di kecamatan Jenu. Objek wisata pantai satu ini menjadi salah satu destinasi wisata andalan di kota Tuban.

Hamparan pasirnya yang putih bersih serta laut airnya biru juga lebatnya pohon-pohon Cemara yang tumbuh disepanjang pantai pasir putih Remen ini membuat destinasi wisata satu ini terlihat sangat eksotis.

Nah itu dia objek-objek wisata menarik di Tuban, yang sangat sayang jika anda lewatkan. Masih banyak lagi objek-objek wisata di Tuban yang tak kalah menarik dari objek wisata diatas. Semoga bermanfaat!



Penulis - Bella Dwi