6 Wisata Populer dan Menarik di Kalimantan Utara

6 Wisata Populer dan Menarik di Kalimantan Utara
Gambar. kompaspedia.kompas.id
HIRANKA.COM - Sebagai provinsi termuda di Indonesia sejauh ini, Kalimantan Utara merupakan provinsi hasil pemekaran dari wilayah Provinsi Kalimantan Timur.

Kalimantan Utara meliputi bagian timur laut dari Pulau Kalimantan. Provinsi yang beribukota di Tanjoung Selor ini memiliki luas total 70.101,184 km2.

Provinsi Kalimantan Utara ini juga merupakan salah satu provinsi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga yaitu Malaysia di sebelah utara. Wilayah yang kini tergabung dalam provinsi Kalimantan Utara sebenarnya dahulu merupakan bekas wilayah Kesultanan Bulungan.

Provinsi yang memiliki akronim ‘Kaltara’ ini juga dianugerahi berbagai keindahan alam yang menjadi andalan sektor pariwisatanya. 

6 Wisata Populer dan Menarik di Kalimantan Utara

Berikut kami rangkumkan beberapa di antaranya untukmu:

1. Air Terjun Krayan

6 Wisata Populer dan Menarik di Kalimantan Utara
Gambar. travel.detik.com
Meskipun menyimpan keindahan yang luar biasa menakjubkan, Air Terjun Krayan adalah salah satu wisata alam Kalimantan Utara yang minim pengunjung.

Salah satu sebabnya adalah akses jalan yang masih sulit untuk menjangkau air terjun ini.

Air Terjun Krayan terletak di Desa Lembudud, Kecamatan Krayan. Lokasinya terletak cukup dekat dengan wilayah negara Malaysia.

Debit air yang sangat besar dari air terjun ini bahkan dapat digunakan sebagai sumber listrik (PLTA) untuk masyarakat sekitar.

Untuk menjangkau air terjun ini dari Pulau Nunukan, kamu harus menempuh transportasi udara.

2. Kebun Raya Binusan

6 Wisata Populer dan Menarik di Kalimantan Utara
Gambar. travelingyuk.com
Berlokasi di Desa Binusan, Nunukan, Kalimantan Utara, Kebun Raya Binusan adalah konservasi alam, tempat edukasi lingkungan dan rekreasi keluarga.

Di tempat ini kamu dapat benar-benar menikmati asrinya alam dan hutan Kaltara. Dengan beberapa gazebo dan pendopo kecil, kamu bisa melepas penat sambil memanjakan diri dengan rindangnya hutan.

Kebun Raya Binusan memiliki luas sekira 74 ha. Di area seluas ini kamu dapat menemukan lebih dari 25 spesies flora/tanaman berbeda. Selain itu ada juga air terjun yang menambah kesan sejuk tempat ini.

3. Pantai Eching

6 Wisata Populer dan Menarik di Kalimantan Utara
Gambar. pergiyuk.com
Jangan kira di Kaltara tidak ada wisata pantai, ya!

Salah satu di antara pantai yang patut kamu kunjungi adalah Pantai Eching yang berlokasi di Kec. Nunukan Selatan, Kab. Nunukan.

Pantai Eching ini mempunyai ombak yang sangat tenang sehingga sangat cocok untuk wisata bersama keluarga seperti berenang dan bermain bersama anak-anak.

Disini kamu juga dapat menikmati keindahan area sekitar pantai melalui mercusuar yang ada, atau memancing ikan di spot yang sudah disediakan.

4. Pantai Kayu Angin

6 Wisata Populer dan Menarik di Kalimantan Utara
Gambar. kaltim.tribunnews.com
Selain Pantai Eching, pantai lainnya yang perlu kamu datangi adalah Pantai Kayu Angin.

Masih terletak di Kab. Nunukan, tepatnya di wilayah Sebatik, pantai ini sering menjadi tempat berbagai event dan tidak heran dikunjungi oleh banyak wisatawan.

Meskipun begitu, pantai yang relatif cukup bersih ini juga bisa kamu gunakan untuk berenang sebab ombaknya yang tenang. Kamu juga bisa mencoba wahana banana boat untuk mengarungi laut dengan keluarga atau kawan-kawanmu!

5. Gunung Putih

6 Wisata Populer dan Menarik di Kalimantan Utara
Gambar. backpackerjakarta.com
Dari namanya sudah dapat ditebak bahwa gunung atau lebih tepatnya bukit ini memang berwarna putih.

Warna putih dari bukit ini disebabkan memang sebenarnya bukit ini adalah sebuah bukit kapur.

Kamu bisa menikmati keindahan alam di sekitar bukit dengan menaiki anak tangga hingga ke puncak bukit.

Kabarnya, goa yang ada di bukit ini konon dulunya adalah tempat semedi Sultan Bulungan, lho!

Wisata gunung Putih berlokasi di Kec. Tanjung Palas, Kab. Bulungan.

6. Dermaga Tidung

6 Wisata Populer dan Menarik di Kalimantan Utara
Gambar. pulau-seribu.com
Ini bukan Tidung yang ada di Kepulauan Seribu, DKI ya, guys!

Dermaga Tidung ini terletak di Menjelutung, Sesayap Hilir, Kab. Tana Tidung, Kalimantan Utara.

Dermaga ini terkenal juga dengan nama ‘Dermaga Cinta’ sebab merupakan spot yang cukup romantis terutama pada saat matahari terbenam.

Banyak masyarakat maupun wisatawan yang berfoto sembari menikmati keindahan sunset di tempat ini. Dermaga Tidung juga merupakan tempat sandar kapal-kapal dan juga spot memancing yang menarik.



Penulis - Muhammad Hayyi