6 Wisata Alam Favorit di Sulawesi Barat

6 Wisata Alam Favorit di Sulawesi Barat
Gambar. id.wikipedia.org
HIRANKA.COM - Provinsi Sulawesi Barat adalah salah satu provinsi dengan umur yang terhitung cukup muda di Indonesia. Provinsi yang wilayahnya berlokasi di pesisir barat Pulau Sulawesi ini dulunya merupakan wilayah dari Provinsi Sulawesi Selatan.

Beribukota di Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat menyimpan banyak sekali spot-spot wisata menarik yang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. 

Keindahan berbagai tempat di wilayah ini perlu untuk semakin dipromosikan sehingga dapat meningkatkan potensi wisata yang dimilikinya. Mulai dari perbukitan yang indah, air terjun, pulau-pulau kecil, dan juga deretan pantai-pantai yang memanjakan mata tersedia di provinsi ini.

6 Wisata Alam Favorit di Sulawesi Barat

Berikut beberapa wisata alam di Sulawesi Barat yang kami rangkumkan untukmu:

1. Pantai Manakarra

6 Wisata Alam Favorit di Sulawesi Barat
Gambar. regional.kompas.com
Pantai ini adalah salah satu dari banyak pantai-pantai indah yang terdapat di Sulawesi Barat. Pantai ini merupakan bagian dari wilayah Teluk Mamuju, dan juga bagian daripada Pelabuhan Batu yang merupakan pelabuhan utama di ibukota Sulawesi Barat, Mamuju.

Anjungan pantai ini diresmikan berkenaan dengan hari jadi Mamuju ke 475, yang meliputi area seluas 2.000 m2.

Pantai ini memiliki ikon berupa tulisan Pantai Manakarra yang berbatasan langsung dengan laut, juga monumen perahu sandeq yang merupakan perahu tradisional masyarakat Mandar yang dulu digunakan untuk melaut mencari ikan.

Pantai ini sangat cocok untuk menikmati matahari tenggelam.

2. Pulau Karampuang

6 Wisata Alam Favorit di Sulawesi Barat
Gambar. www.idntimes.com
Karampuang dalam Bahasa Indonesia bermakna ‘bulan’. Masyarakat setempat juga menyebut pulau ini pulau buaya, sebab akan menyerupai bentuk buaya jika dilihat dari atas.

Pulau yang berlokasi di Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju ini memiliki dermaga panjang yang berakhir di laut biru jernih. Biota bawah laut yang ada di pulau ini juga sangat cocok untuk kamu yang hobi snorkeling. Di sini juga terdapat ikon wisata unik seperti sumur tiga rasa, gua lidah dan sumur jodoh.

3. Air Terjun Indo Rannuang

6 Wisata Alam Favorit di Sulawesi Barat
Gambar. www.celebes.co
Air terjun ini berlokasi di Desa Kunyi, Kecamatan Anreapi, Kab. Polewali Mandar. Dari pusat kota kabupaten, air terjun ini berjarak sekitar 8 km. Air terjun ini memiliki tingkatan yang bervariasi dan bermacam-macam. Ada yang memiliki ketinggian hingga 100 meter.

Di air terjun ini kamu juga dapat sekaligus menikmati asrinya lingkungan sekitar, dan menemukan spesies kupu-kupu unik yang kadang muncul di antaranya.

Kamu juga bisa berenang di air terjun ini dengan sensasi air yang jernih dan menyegarkan.

4. Pantai Lombang-Lombang

6 Wisata Alam Favorit di Sulawesi Barat
Gambar. www.celebes.co
Pantai ini memiliki pasir hitam yang membujur sekitar 5 km di sepanjang garis pantainya. Meskipun tidak berwarna putih, pasir pantai ini sangat halus.

Disini kamu dapat melakukan berbagai aktivitas di area pantainya yang luas, seperti bermain pasir, olahraga pantai seperti voli pantai maupun bola pantai, atau sekedar bersantai menikmati sepoi angin sembari duduk di gazebo yang ada di beberapa titik.

Kamu juga bisa berenang di pantai dengan air yang jernih dan ombak yang tidak begitu besar.

5. Pantai Palippis

6 Wisata Alam Favorit di Sulawesi Barat
Gambar. paceko.com
Berlokasi di Kecamatan Balanupa, Kabupaten Polewali Mandar, Pantai Palippis merupakan salah satu pantai yang menawarkan pemandangan luar biasa bagi Anda yang mengunjunginya.

Selain menikmati pantai, kamu juga dapat mengunjungi Gua Kelelawar yang ada di dekat pantai ini. Di sini juga ada beberapa deretan karang yang menambah keindahan pantai.

6. Air Terjun Tamasapi

6 Wisata Alam Favorit di Sulawesi Barat
Gambar. turisindo.com
Selain Indo Rannuang, Sulawesi Barat juga memiliki air terjun indah lain yang berlokasi di Desa Mamunyu, Kec. Mamuju.

Air terjun ini memiliki tinggi 75 meter, dan menawarkan kepada kamu pemandangan yang masih asri dan menyegarkan. Kamu juga dapat mencicipi lezatnya buah durian yang banyak dijual oleh penduduk setempat ketika musimnya tiba.



Penulis_Muhammad Hayyi