5 Mitos Kesehatan yang Paling Banyak Dipercaya Orang

5 Mitos Kesehatan yang Paling Banyak Dipercaya Orang
Gambar. Freepik.com
HIRANKA.COM - Ternyata ada banyak sekali mitos-mitos tentang kesehatan yang masih dipercaya oleh sebagian masyarakat hingga zaman sekarang. Mitos-mitos ini biasanya merupakan kepercayaan atau kesimpulan pribadi atas suatu permasalahan yang akhirnya menyebar dari mulut ke mulut, dari satu orang ke orang lain.

Mitos-mitos ini memang mungkin tidak sepenuhnya salah, akan tetapi juga pasti tidak sepenuhnya benar. Biasanya mereka yang memercayai hal-hal di bawah ini memahaminya dengan setengah-setengah, atau pemahaman yang sedikit keliru.

Misalnya, ada orang-orang yang percaya dengan tidak makan setelah melakukan olahraga akan lebih efektif untuk diet, atau orang yang percaya bahwa karbohidrat merupakan penyebab utama dari penyakit obesitas.

5 Mitos Kesehatan yang Paling Banyak Dipercaya Orang

Berikut kami cantumkan beberapa mitos kesehatan yang banyak dipercaya orang untuk kamu, dilansir dari website klikdokter.com:

1. Wortel Bisa Membuat Penglihatan Lebih Tajam Dengan Cepat

Wortel memang mengandung vitamin A yang dibutuhkan dan bermanfaat untuk penglihatan kita. Akan tetapi, tidak serta merta dengan makan wortel penglihatanmu akan langsung menjadi lebih tajam.

Kamu harus makan wortel dengan jumlah yang lumayan banyak untuk merasakan dampak positif dari itu. Selain wortel, alternatif lainnya untuk kesehatan mata adalah makanan yang memiliki kandungan omega-3 atau antioksidan yang banyak.

2. Orang Dewasa Tidak Butuh Vaksin

Biasanya vaksinasi dilakukan kepada anak-anak. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kekebalan kepada anak tersebut terhadap penyakit-penyakit yang mungkin mengancamnya nanti.

Banyak orang lalu menganggap orang dewasa tidak perlu vaksin. Bahkan mereka menganggap bahwa alih-alih akan memberikan kekebalan terhadap penyakit atau virus tertentu, vaksinasi malah akan memperlemah imunitas mereka.

Ini tentu keliru sekali, ada beberapa vaksin yang sangat dibutuhkan oleh orang dewasa, di antaranya adalah vaksin flu, hepatitis, MMR, juga vaksin COVID-19 yang belakangan terjadi ini.

Vaksini tidak hanya sebagai pelindung tubuh kamu dari penyakit atau virus, tapi juga sebagai sistem kekebalan/imunitas tambahan (booster).

3. Mandi Malam Hari Dapat Menimbulkan Rematik

Kamu pasti pernah mendengar tentang hal ini, kan? Ternyata menurut ahli, tidak ada hubungan sama sekali antara mandi malam dengan penyakit rematik.

Penyakit ini terjadi akibat peradangan sendi, biasanya penderitanya akan merasakan gejala semacam nyeri, bengkak, hingga rasa kaku pada sendi.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan rematik, di antaranya adalah faktor genetik.

Namun jika kamu memang memiliki gen atau riwayat penyakit ini, sebaiknya hindari mandi malam dengan air dingin, gunakanlah air hangat.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak mandi karena sudah malam, ya!

4. Micin Bisa Membuat Kita Bodoh

Micin! Sepertinya tanpa micin banyak orang akan merasa makanan mereka terasa hambar, ya!

Micin alias MSG alias monosodium glutamate ini adalah zat yang berfungsi untuk menguatkan rasa pada makanan.

Banyak orang menganggap bahwa micin berbahaya bagi kesehatan otak, dapat merusak selnya dan akhirnya menyebabkan kebodohan.

Ternyata sejauh ini belum ada bukti bahwa micin dapat menyebabkan kebodohan dan kerusakan sel otak.

Adapun jika micin dikonsumsi berlebihan efek samping yang dirasakan biasanya adalah sakit kepala, muntah dan mual.

5. Harus Olahraga Setiap Hari dan Lama Supaya Sehat

Olahraga memang salah satu kebutuhan, bahkan dapat disebut kewajiban untuk seseorang yang ingin hidup sehat.

Akan tetapi, olahraga yang dilakukan tidak bisa sembarangan dan harus diperhatikan waktunya. Sebab tubuh kita juga butuh waktu untuk beristirahat.

Durasi olahraga yang dianjurkan adalah 150 menit seminggu, atau dapat dibagi menjadi lima kali seminggu dengan 30 menit di setiap harinya.

Jika olahraga yang kamu lakukan tergolong berat, lakukanlah selama 25 menit setiap 3 kali dalam satu minggu.



Penulis_Muhammad Hayyi
Klaim DANA kaget klik disini