5 Cara Cegah dan Hilangkan Karang Gigi, Buat Senyummu Lebih Cantik!

5 Cara Cegah dan Hilangkan Karang Gigi, Buat Senyummu Lebih Cantik!
Gambar. Freepik.com
HIRANKA.COM - Apakah kamu sering merasa kurang percaya diri kalau ingin tersenyum lebar? Atau takut dan cemas saat akan bertemu orang asing pertama kali atau akan ikut wawancara kerja karena gigimu masih dihinggapi karang yang mengganggu?

Karang gigi memang jadi salah satu musuh terbesar gigi manusia. Biasanya, karang gigi merupakan plak yang ada pada daerah gigi yang sudah mengeras. Plak ini dapat muncul akibat sisa makanan maupun bakteri dalam gigi yang tidak dibersihkan segera. 

Zat kapur maupun plak yang terkandung dalam air liur juga berpotensi akan menjadi karang gigi jika tidak dibersihkan lewat menyikat gigi dengan teratur.

Atau apakah kamu merasa sudah menyikat gigi dengan teratur tapi tetap masih muncul karang gigi? Ini dapat berarti caramu menyikat gigi yang tidak benar atau belum sempurna.

5 Cara Cegah dan Hilangkan Karang Gigi, Buat Senyummu Lebih Cantik!

Karang gigi ini bukan hanya merusak pemandangan gigimu yang rapi dan putih saja, tapi juga dapat menyebabkan keluhan-keluhan lain seperti bau mulut, gigi berlubang, keroposnya gigi maupun penyakit-penyakit lainnya.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menghilangkan karang gigi secara alami yang sudah kami rangkum untukmu:

1. Jangan Pernah Lupa Sikat Gigi!

Menyikat gigi merupakan salah satu kegiatan yang dapat dikatakan wajib dilakukan oleh setiap orang. Cara ini merupakan cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mencegah segala macam penyakit gigi termasuk karang gigi. Jangan lupa untuk selalu menyikat gigimu minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung flouride dan dengan sikat gigi berbulu halus dan berkepala sikat kecil agar dapat menjamah semua bagian gigimu termasuk sela-sela kecil di antaranya.

Jangan pernah lupa untuk menyikat gigi meskipun sekali saja, terutama sebelum tidur. Sebab sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan itulah yang merupakan sumber utama karang gigi. Apalagi jika kamu banyak makan makanan manis pada hari itu.

2. Jangan Merokok!

Merokok adalah kebiasaan buruk yang tidak hanya dapat mengancam kesehatan gigi, tapi juga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Zat-zat berbahaya yang terkandung di dalam rokok diketahui dapat menimbulkan karang pada gigi. Bahkan, karang yang timbul akibat merokok biasanya akan jauh lebih susah untuk dihilangkan dan dibersihkan daripada karang yang bersumber dari sisa-sisa makanan.

Sealain itu, merokok juga dapat membuat gigi kita menjadi kuning, kering, dan sensitif.

3. Lakukan Flossing!

Flossing adalah kegiatan membersihkan gigi dengan benang gigi setelah menyikat gigi. Kamu sebaiknya melakukan flossing ini paling tidak sekali sehari. Sikat gigi biasanya tidak dapat menjangkau bagian sela-sela gigi yang paling kecil sehingga memerlukan bantuan dari benang gigi untuk membersihkannya.

4. Gunakan Lidah Buaya!

Selain biasanya digunakan untuk merawat kesehatan kulit dan rambut, ternyata lidah buaya juga dapat kamu gunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan gigimu, lho!

Kamu dapat menggunakan lidah buaya untuk membersihkan karang gigi. Caranya adalah dengen menyampurkan 1 sendok teh gel lidah buaya dengan 4 sendok teh baking soda, 4 sendok teh gliserin dan tambahkan pula 10 tetes minyak esensial lemon. Kemudian aduk kesemua bahan ini hingga menyatu dan menjadi semacam pasta gigi.

Kamu dapat menggunakan pasta gigi lidah buaya ini dengan sikat gigimu. Dianjurkan untuk menggunakannya 3-4 kali dalam sehari.

5. Kunyah Daun Sirih!

Jika pergi ke desa, kamu mungkin masih dapat menemukan orang-orang tua memiliki kebiasaan menggigit atau mengunyah sirih, ternyata kebiasaan ini memang benar-benar dapat menjaga kesehatan gigi, menghilangkan karang, dan juga bau mulut, lho!

Kamu tinggal mengambil selembar daun sirih, boleh juga ditambahkan sebatang cengkeh untuk menambah rasa. Haluskan lalu kunyah dengan perlahan.



Penulis_Muhammad Hayyi