Tiga Nama Capres Ini Digadang-Gadang Akan Maju di Pilpres 2024, Siapakah yang Terkuat?

Tiga Nama Capres Ini Digadang-Gadang Akan Maju Di Pilpres 2024, Siapa Yang Terkuat?
Gambar. nasional.okezone.com
HIRANKA.COM - Pelaksanaan ajang pemilihan umum 2024 masih terhitung kurang lebih setahun lagi, namun seluruh partai yang ada di Indonesia sudah mulai sibuk bergerak dan mempersiapkan konsolidasi serta penyaringan calon-calon yang pantas menjadi jagoan partai-partai tersebut untuk maju di pilpres 2024 yang akan datang.

Beberapa partai-partai yang akan mendukung Paslon presiden di pemilu 2024 sudah ada yang mengungkapkan secara terang-terangan, namun ada juga yang masih melihat situasi dan kondisi dulu, bahkan ada juga partai yang masih main aman dengan menyusun strategi dan membuka jangkauannya dan mencari koalisi terlebih dahulu.

Tiga Nama Capres Ini Digadang-Gadang Akan Maju Di Pilpres 2024, Siapa Yang Terkuat?

Dari beberapa informasi sudah dinyatakan bahwa terdapat beberapa nama tokoh-tokoh publik yang akan maju menjadi calon presiden di pemilu 2024. Namun dibalik itu ada 3 nama tokoh besar yang digadang-gadang akan maju di pilpres 2024, yakni ada Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan.

Pernyataan bahwa kursi presiden di 2024 akan diperebutkan oleh tiga calon ini diperkuat dengan pernyataan dari Pratama Ari Junaedi, direktur lembaga kajian politik nusakom ini berkata bahwa dia haqqul yaqin pilpres 2024 akan diikuti oleh tiga Paslon capres dan cawapres. Pernyataan ini disampaikan pada Selasa, 28 Februari 2023.

Menurut Ari, Anies Baswedan kemungkinan besar akan diusung oleh koalisi perubahan. Koalisi perubahan itu sendiri digagas oleh tiga partai yang sejak dulu sudah bekerja sama. Tiga partai itu meliputi partai PKS, partai Nasdem, dan partai Demokrat.

Sejak Oktober 2022 lalu, Anies Baswedan sudah dideklarasikan untuk menjadi kandidat calon presiden partai Nasdem. Dan belakang ini, beberapa partai lain seperti Demokrat dan PKS Pun menyatakan bahwa mereka memberikan dukungan juga untuk Anies.

Di lain sisi, yang diyakini lagi untuk maju ke panggung pemilihan presiden di 2024 adalah Prabowo Subianto. Calon presiden Prabowo Subianto didukung lewat koalisi kebangkitan Indonesia raya. Koalisi tersebut dibentuk oleh kerja sama antara partai Gerindra dan PKB.

Untuk pemilihan presiden di 2024 yang akan datang ini, Prabowo Subianto memang telah menyatakan tentang kesiapannya untuk kembali bertarung lagi di panggung pemilu dibawah naungan partai Gerindra. Pernyataan ini sudah Prabowo nyatakan sejak Agustus tahun lalu.

Dan capres terkahir adalah Ganjar Pranowo. Ganjar diprediksikan akan diusung oleh PDI perjuangan yang diramalkan bekerjasama dengan koalisi Indonesia bersatu. Koalisi tersebut merupakan besutan dari PAN, PPP, dan partai Golkar.

Meskipun begitu PDI perjuangan, belum membuka suara untuk siapa calon presiden yang akan mereka jagokan. Ari berkata, bahwa ia yakin partai yang dipimpin oleh Megawati ini tidak akan menyia-nyiakan elektabilitas dari Ganjar Pranowo sebagai modalnya untuk menang.

Ari mengatakan, perihal calon wakil presiden, Ganjar memiliki peluang akan disandingkan dengan menteri BUMN yakni Erick Thohir. Karena Paslon ini sudah lebih dahulu digembar-gemborkan oleh Partai Amanat Nasional.

Dan sementara itu, kemungkinan Prabowo Subianto akan diduetkan dengan cawapres yang diusung oleh PKB. Dilihat dari gelagatnya, nampak PKB akan mengusulkan nama ketua umum dari partai itu sendiri yakni Muhaimin Iskandar.

Namun Ari juga berpendapat bahwa tidak menutup kemungkinan bahwa pendamping Prabowo untuk pilpres di 2024 adalah sosok gubernur Jawa timur yakni Khofifah Indar Parawansa, karena pengalaman Khofifah di birokrasi dalam rentang lama yang menjabat sebagai menteri sosial.

Untuk cawapres yang akan bersanding dengan Anies Baswedan hingga kini masih menjadi tanda tanya. Meskipun begitu, tidak dapat dipungkiri bahwasanya Demokrat dan PKS masing-masing masih menginginkan kader-kader partai mereka untuk diusung menjadi calon wakil presiden.

Seperti yang diketahui, ketiga tokoh publik yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo sudah sejak lama digadang-gadang akan menjadi kandidat yang bertarung di pentas pemilihan umum yang akan diselenggarakan pada 2024 mendatang.

Adapun untuk pendaftaran capres dan cawapres pemilu pada 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) baru akan dibuka pada bulan Oktober 2023.



Penulis- Nabila Dwi Ariati