Tak Memiliki Hubungan Diplomatik, Indonesia Kecam Israel Ikut Piala Dunia U-20

Tak Memiliki Hubungan Diplomatik, Indonesia Kecam Israel Ikut Piala Dunia U-20
Gambar. www.viva.co.id
HIRANKA.COM - Piala dunia U-20 tahun 2023 akan diselenggarakan di Indonesia pada tanggal 20 Mei sampai dengan 11 Juni yang akan datang. Timnas Israel U-20 memiliki hak untuk tampil usai menjadi finalis pada piala Eropa U-19 pada tahun 2022 yang lalu. 

Namun keikutsertaan Israel dalam pertandingan piala dunia U-20 yang digelar di Indonesia mendapatkan kecaman dan protes.

Ketua presidium Mer-C Indonesia, Sarbini Abdul Murad mengatakan jika Timnas Israel hadir dalam pertandingan piala dunia di Indonesia, maka hal tersebut secara tidak langsung sebagai bentuk dukungan atas ulah Israel yang menjajah bangsa Palestina.

Selama ini, diketahui Israel dan Indonesia tak memiliki hubungan diplomatik. Hikmahanto Juwana sebagai guru besar hukum internasional Universitas Indonesia menilai bahwa sampai kapanpun Indonesia tak akan mau menjalin hubungan diplomatik dengan negara Israel.

Dari sudut pandang Hikmahanto, setidaknya ada tiga alasan yang menyebabkan Indonesia tak mau membuka hubungan diplomatik dengan Israel, yang notabene merupakan negara penjajah bangsa Palestina.

Alasan pertama adalah jika sampai saat ini pembukaan konstitusi negara Indonesia masih terdapat kalimat "Penjajahan di atas dunia harus di hapuskan" maka dari itu jika palestina belum juga merdeka dari jajahan Israel, maka Indonesia tak akan menjalin hubungan diplomatiknya dengan negara Israel.

Alasan yang kedua adalah masyarakat di Indonesia mempunyai solidaritas yang tinggi dan sangat bersimpati dengan alasan persamaan agama maupun perikemanusiaan kepada masyarakat Palestina yang kini tengah di jajah secara kejam oleh Israel.

Dan alasan yang ketiga adalah presiden republik Indonesia yaitu Joko Widodo pernah menghubungi presiden dari Palestina, Mahmoud Abbas. Joko Widodo mengatakan bahwa negara Indonesia tidak akan pernah menjalin hubungan dengan Israel sebelum Palestina merdeka dari penjajahan Israel.

Penyelenggaraan piala dunia U-20 yang sudah semakin dekat, gelora penolakan terhadap keikutsertaan timnas Israel pada piala dunia yang akan diselenggarakan di Indonesia kian menggema. Sebelum itu, PKS menyuarakan dengan lantang pemboikotan.

Selain partai-partai yang memiliki haluan Islam, lembaga serta organisasi masyarakat seperti majelis ulama Indonesia, organisasi Muhammadiyah, dan medical emergency rescue committe (Mer-C) juga ikut serta menyuarakan tentang penolakan partisipasi timnas Israel.

Dan baru-baru ini, beberapa orang yang tergabung dalam aliansi solo raya lakukan aksi pendemoan terhadap penolakan Israel berpartisipasi di piala dunia U-20. Aksi tersebut dilakukan di bundara gladag Solo, pada hari jumat 17 Maret 2023.

Massa yang mengikuti aksi demo tersebut di ketahui berasal dari berbagai anggota umat Islam di daerah solo raya. Massa yang diketahui menjadi bagian dari aksi tersebut adalah pendiri pondok Al- Mukmin yaitu Abu Bakar Baasyir beserta para santri-santri nya.

Diketahui orator dalam penolakan Keikut sertaan timnas Israel pada pertandingan piala dunia U-20 yang digelar di Indonesia tersebut antara lain ustadz Faiz, ustadz Nasiruddin, ustadz Mas'ud, ustadz ziyad, cak rowi, dan ustadz Edi Lukito. Dan yang menyampaikan orasi adalah Abu Bakar Baasyir, dia menyampaikan orasi-orasi tersebut dari dalam mobil dengan mempertimbangkan kesehatan dirinya.

Abu Bakar Baasyir sendiri adalah tokoh Mujahidin beraliran jihadi salafi di Indonesia. Ia juga merupakan ketua gerakan pemuda Islam, ketua organisasi mujahidin Indonesia, serta ketua lembaga dakwah mahasiswa Islam. Ia juga pernah menduduki jabatan sebagai sekretaris perkumpulan pemuda Al Irsyad solo.



Penulis - Nabila Dwi Ariati