Strategi Marketing Apple: 3 Prinsip Utama untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Strategi Marketing Apple: 3 Prinsip Utama untuk Kesuksesan Bisnis Anda
Gambar. telset.id
HIRANKA.COM - Apple merupakan perusahaan teknologi elektronik raksasa yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari perancangan, pengembangan, penjualan barang-barang dan perangkat elektronik, perangkat lunak maupun kasar, serta layanan jaringan.

Hari ini tampak sekali bahwa Apple memiliki pengaruh yang sangat besar dan memiliki status yang cukup terhormat di pasar konsumen. Brand Apple kini diidentikkan dengan kemapanan dan kekayaan, meskipun ada benar dan tidaknya jika diteliti secara rasional. 

Perangkat telepon pintar iPhone, tablet iPad, sampai laptop MacBook dikenal merupakan produk unggulan dan sangat diminati di pasarnya masing-masing.

3 Prinsip Utama untuk Kesuksesan Bisnis Anda

Terjun di pasar produk elektronik yang ramai dengan pesaing dan kompetitor, Apple mau tidak mau harus diakui berhasil dengan teknik dan strategi yang sangat mengesankan. 

Langkah-langkah pemasaran yang diambil oleh Apple seringkali tidak dapat ditebak dan mengejutkan. Apple berhasil mengambil hati konsumernya dengan langkah-langkah yang lain daripada yang lain. 

Inilah yang membuat Apple terus konsisten berada dalam daftar teratas brand-brand yang meraup minat konsumen tinggi di tengah dinamika dan perkembangan dunia teknologi informasi yang luar biasa cepat.

Jika kamu adalah seorang wirausahawan, perintis bisnis atau sekedar ingin memperluas wawasan mengenai strategi pemasaran dalam dunia bisnis, langkah-langkah dan prinsip marketing Apple berikut perlu untuk kamu ketahui:

Fokus Pada Value

Produk-produk Apple memang dikenal tidak murah, dan tentu saja tidak murahan.

Ditengah persaingan harga yang terkadang tidak masuk akal, Apple seakan tidak peduli dan tidak tergoda untuk ikut-ikutan menurunkan harga. Meskipun begitu, ternyata Apple tidak kehilangan konsumen dan pasarnya, malah di beberapa tempat, penjualan Apple meningkat perlahan-lahan.

Mengapa Apple begitu berani untuk terus memasarkan berbagai produknya dengan harga tinggi, namun tetap saja masih mendapat tempat di hati para konsumennya?

Ini karena Apple tidak fokus pada harga, tapi pada value yang dimiliki oleh produknya.

Apple terus menjaga agar produknya memiliki nilai plus dan keistimewaan yang tidak ada pada produk lainnya. Apple juga tidak tergiur untuk menurunkan biaya produksi demi terus bisa menjaga bahkan mengembangkan value produk yang dimilikinya sehingga konsumen tetap puas.

Pelopor yang Inovatif

iMac, produk komputer pertama dari Apple saat diluncurkan, berhasil mengubah paradigma dunia bahwa komputer adalah produk yang mudah, sederhana dan menyenangkan.

Fitur baterai yang tertanam, kartu SIM berukuran kecil (nano SIM), sensor sidik jari untuk membuka kunci layar dan banyak lagi hal-hal lain merupakan fitur-fitur inovatif yang dipelopori oleh iPhone, produk telepon pintar milik Apple yang kemudian membuat hampir seluruh perusahaan berlomba-lomba menciptakan produk dengan fitur yang serupa.

Produk iPod dan iTunes, membuat konsumen dapat mendengarkan musik yang mereka sukai dengan kualitas tinggi hanya melalui alat yang ringan dan mudah dibawa kemanapun.

Berbagai inovasi Apple di hampir seluruh produknya membuat konsumen terus menghargai dan mengagumi keseriusan perusahaan ini dalam memberikan produk-produk terbaik, sehingga harga berapapun yang dipatok oleh Apple akan tetap mendapat tempat di hati para konsumen.

Strategi Branding yang Unggul

Berbicara tentang strategi branding, Apple merupakan salah satu perusahaan dengan strategi branding yang sangat komprehensif. Detail-detail kecil dirancang sedemikian rupa dalam segala bentuk pemasaran sehingga Apple terus muncul sebagai brand terdepan di bidangnya.

Pemilihan nama, logo serta branding-branding seperti user friendly atau think different yang menggambarkan kemudahan serta keistimewaan produk yang dihasilkannya membuat Apple berhasil menanamkan stigma kepada konsumennya tentang keunggulan produk mereka.



Penulis - Muhammad Hayyi