Self Awareness: Meningkatkan Kesadaran Diri dan Memperkuat Diri Anda

Self Awareness: Meningkatkan Kesadaran Diri dan Memperkuat Diri Anda
Gambar. www.pexels.com
HIRANKA.COM - Self Awareness adalah kebiasaan memperhatikan bagaimana Anda berpikir, merasakan, dan berperilaku. Secara khusus, persepsi diri adalah mengamati, baik itu pola pikir, pola emosi, bahkan pola perilaku.

Dengan kata lain, kesadaran diri berarti bagaimana Anda belajar ingin tahu lebih banyak tentang pikiran Anda sendiri.

Banyak manfaat yang bisa diperoleh ketika Anda dapat meningkatkan kesadaran diri.

Antara lain membangun hubungan yang lebih baik, menciptakan suasana hati yang lebih tenang, menjernihkan pikiran sehingga Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik, lebih cerdas.

Self Awareness: Meningkatkan Kesadaran Diri dan Memperkuat Diri Anda

Lalu bagaimana cara meningkatkan kesadaran diri? Berikut detail selengkapnya.

Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan

Kesadaran diri atau self awareness dapat ditingkatkan dengan mengenali kelebihan dan kekurangan diri kita.

Kesadaran memungkinkan kita untuk bekerja pada kelemahan kita dan mencari bantuan bila diperlukan untuk meningkatkan.

Meminta bantuan sering dianggap negatif, tetapi seharusnya tidak demikian karena itu membangun tim di sekitar kita dan meningkatkan upaya dan motivasi kita untuk bekerja lebih keras lagi.

Refleksi diri yang lebih baik

Melakukan refleksi diri selama 15 menit setiap hari adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesadaran diri.

Metode ini sangat bagus untuk meningkatkan kesadaran diri yang memungkinkan kita untuk dapat memahami diri sendiri secara mendalam.

Membuat jurnal adalah salah satu cara yang efekti, karena memberikan banyak kesempatan untuk mengkomunikasikan perasaan secara realistis dan membuka pikiran dan perasaan yang mungkin terlewatkan.

Self talk

Memperhatikan self-talk yang dapat meningkatkan kesadaran diri kita karena membuat pikiran dan perasaan kita menjadi lebih bersih dan jernih.

Mengatakan "stop" pada pikiran negatif kita juga dapat berfungsi sebagai landasan untuk menghentikan arus pemikiran dan melanjutkannya dengan self-talk yang lebih positif dan bermanfaat.  

Berlatih mengatakan tidak

Menguasi bidang ini, kita harus menentukan tujuan jumlah godaan yang akan kita tolak setiap hari, dan kita harus meningkatkan jumlah ini seiring kemajuan kita. 

Luangkan waktu untuk bermeditasi

Meditasi merupakan bentuk konsentrasi yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran diri, biasanya orang yang bermeditasi dilakukan pada lingkungan yang tenang dan hening.

Mungkin Anda masih bertanya-tanya pada diri sendiri mengenai serangkaian pertanyaan seperti "apa yang akan saya lakukan?" dan "apa yang ingin saya capai".

Meditasi teratur dapat membantu Anda menyadari keadaan emosi Anda sendiri dan menjernihkan pikiran.


penulis - Yumna Adzra