Puasa Ramadhan Lancar, Inilah Tips dan Trik Puasa Bagi Penderita Asam Lambung

Puasa Ramadhan Lancar, Inilah Tips dan Trik Puasa Bagi Penderita Asam Lambung
Gambar. www.pexels.com
HIRANKA.COM - Menjalankan ibadah puasa bisa menjadi tantangan tersendiri untuk para penderita asam lambung. 

Tapi, dengan mengikuti tips dan trik sederhana ini, para penderita asam lambung dapat menjalankan puasa dengan aman dan nyaman.

Sebenarnya, puasa memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Namun terkadang puasa juga dapat mengubah keseimbangan asam lambung yang dapat memicu naiknya asam lambung atau refluks.

Seperti yang diketahui, menunda ataupun terlambat untuk makan pada jam yang biasanya dapat menyebabkan asam lambung naik dan dapat menimbulkan banyak sekali gejala-gejala yang membuat tak nyaman.

Puasa Ramadhan Lancar, Inilah Tips dan Trik Puasa untuk Penderita Asam Lambung

Beberapa gejala-gejala asam lambung yang naik di antaranya adalah nyeri pada uluh hati, batuk-batuk, sakit perut, sudah menelan, sampai tidur dengan tidak nyaman. Inilah beberapa tips dan trik puasa untuk para penderita asam lambung agar puasa ramadhan kali ini lancar.

1. Meminum Air Hangat Kala Sahur

Minum air hangat dapat dapat membantu untuk menenangkan perut dan dapat memberikan efek seolah-olah pencernaan kita sudah mengeluarkan asam. Tapi, hindari penggunaan bahan-bahan lain yang dapat meningkatkan asam lambung seperti lemon karena lemon dapat memicu rasa tak nyaman di perut.

2. Mengonsumsi Wedang Jahe

Bagi anda yang menderita asam lambung bisa mengonsumsi air jahe saat waktu berbuka maupun waktu sahur. Jahe memiliki kandungan antiinflamasi atau anti peradangan yang bisa membantu untuk meredakan gangguan pada pencernaan.

Penelitian yang di terbitkan di dalam jurnal Children pada bulan September tahun 2014 lalu, menemukan bahwa jahe dapat membantu untuk meredakan gejala GERD.

3. Meminum Seduhan Teh Chamomile

Selain mengonsumsi wedang jahe, teruntuk anda yang menderita asam lambung juga dapat mengonsumsi seduhan teh Chamomile yang bebas dari kandungan kafein saat waktu berbuka puasa.

Tinjauan dari sebuah makalah pada November 2010 yang dimuat di dalam jurnal Molecular Medicine Report telah menemukan informasi bahwa seduhan teh Chamomile dapat membantu untuk menurunkan asam lambung dan seefektif obat untuk asam lambung antasida yang di jual secara bebas.

4. Menghindari Pantangan yang Membuat Asam Lambung Naik

Menurut Harvard health publishing, untuk pencegahan asam lambung yang naik saat menjalani puasa, sebaiknya menghindari semua jenis pantangan-pantangan yang menjadi penyebab naiknya asam lambung.

Di antaranya seperti meminum minuman berkarbonasi atau minuman soda, asupan yang mengandung kafein seperti teh dan kopi, makanan yang tinggi lemak, makanan yang bercita rasa asam, makanan yang terlalu pedas, serta aneka gorengan.

5. Mengatur Posisi Tidur

Tips dan trik puasa untuk para penderita asam lambung yang terakhir adalah dengan mengatur kembali posisi saat tidur agar penyakit tersebut tak gampang untuk kambuh lagi saat malam hari. 

Para penderita asam lambung di sarankan untuk tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi, idealnya sekitar 6 sampai 8 inchi lebih tinggi dari posisi kaki anda.

Selain mencoba beberapa tips dan trik puasa untu penderita asam lambung di atas, pastikan juga jika para penderita asam lambung rutin untuk mengecek kondisi kesehatan nya dengan dokter.

Jika anda merasakan gejala-gejala penyakit asam lambung, sebaiknya segera untuk berkonsultasi dengan dokter. Anda juga harus selalu memastikan bahwa tubuh anda tetap terdehidrasi selama menjalankan puasa dengan mengonsumsi cairan yang cukup saat berbuka dan saat sahur.



Penulis - Nabila Dwi Ariati