Polda Metro Jaya Menghimbau Kepada Masyarakat Waspadai Jam Rawan Kejahatan Selama Ramadhan

ramadhan
Gambar. liputan6.com
HIRANKA.COM - Menjelang bulan Ramadan, Polda Metro Jaya mengimbau masyarakat Ibu Kota dan sekitarnya untuk mewaspadai jam rawan tindak kejahatan. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa jam kerawanan terjadi pada saat mulai gelap, terutama saat tarawih dimulai karena banyak orang menuju masjid untuk beribadah.

Trunoyudo juga menambahkan bahwa rumah kosong juga merupakan waktu rawan tindak kejahatan. "Kepolisian telah mengeluarkan sejumlah langkah untuk menjaga keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dengan adanya program 'Satu Polisi Satu RW', ini tentu akan membuat suatu pemecahan masalah, bagaimana menjaga lingkungan ketika potensi-potensi kerawanan di jam-jam ibadah shalat tarawih," kata Trunoyudo.

Dia juga menekankan bahwa waktu rawan lainnya adalah menjelang sahur, terutama bagi mereka yang lebih awal istirahatnya. Namun, Polda Metro Jaya telah menyiapkan langkah-langkah preemtif, preventif, dan penegakan hukum untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat selama Ramadan. 

Polda Metro Jaya telah menyiapkan program Patroli Perintis Presisi termasuk pelayanan malam hari, untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam menjalankan ibadah Ramadan di bulan suci ini.

Trunoyudo juga mengimbau masyarakat untuk menghindari perbuatan yang dapat menimbulkan gangguan ketertiban maupun keamanan, seperti menyalakan petasan, melakukan konvoi atau arak-arakan. 

Menjaga kemanan dan kenyamanan selama bulan suci Ramadan menjadi tanggung jawab bersama, termasuk masyarakat. Polisi akan melakukan proses penegakan hukum secara prosedural apabila ada pelanggaran-pelanggaran yang mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat.

Oleh karena itu, selama bulan Ramadan, penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kejahatan dan menjaga lingkungan sekitar mereka agar tetap aman. 

Selain itu, masyarakat juga harus bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dan aman selama bulan Ramadan. Semoga bulan suci Ramadan tahun ini dapat berjalan lancar dan damai bagi seluruh umat muslim di Indonesia.