Parah! Inilah Budaya Asli dari Indonesia yang Diklaim oleh Negara Luar

Parah! Inilah Budaya Asli dari Indonesia yang Diklaim oleh Negara Luar
Gambar. travel.detik.com
HIRANKA.COM - Sebagai warga negara Indonesia yang memiliki budaya yang sangat banyak, kita tentunya memiliki rasa bangga tersendiri yang teramat kepada negara kita tercinta, Indonesia.

Bayangkan, dari Sabang sampai Merauke negara kita Indonesia sudah kaya dalam segi apapun. Lalu, jika kebudayaan yang dimiliki negara kita tercinta ini diakui dan dan diklaim oleh negara lain, apakah kita hanya akan diam dan membiarkan mereka merebut kebudayaan yang kita miliki?

Sebagai warga negara yang cinta akan negara Indonesia yang sangat kaya akan kebudayaan ini kita seharusnya terus melestarikan budaya-budaya yang dimiliki negara kita ini.

Inilah Budaya Asli dari Indonesia yang Diklaim oleh Negara Luar

Jangan sampai terulang lagi kasus-kasus dibawah ini, budaya asli dari Indonesia diklaim oleh negara luar sebagai berikut.

Tarian Daerah, Lagu Daerah, Kain, Sampai Pulau Kecil Indonesia Diklaim Oleh Malaysia

Malaysia, tentunya warga Indonesia sudah tidak heran lagi dengan negara satu ini karena pemberitaan masalah yang satu ini mungkin lebih gencar dan lebih akrab ditelinga.

Pasalnya, negara Malaysia merupakan negara yang tidak satu dua kali mengklaim kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

Malaysia juga tidak mengklaim satu kebudayaan saja melainkan beberapa kebudayaan seperti tarian daerah, lagu daerah, kain khas Indonesia, kesenian bahkan pulau yang termasuk dalam warisan budaya Indonesia.

Batik Khas Jawa, Dijadikan Design Produk Dari Negara Jerman

Pada tahun 2006 kasus batik Jawa dijadikan design produk dari Jerman mencuat. Dalan seri "Adidas Materils of the World Project" produk Adidas ini menggunakan budaya Indonesia yakni batik Jawa.

Produk ini hanya diproduksi sebanyak 1000 unit saja. Dalam seri ini batik Jawa digunakan untuk memproduksi barang-barang seperti Jaket, kaos, sepatu, dan topi. 

Pada kasus ini ada sebagian masyarakat Indonesian yang malah mendukung dan merasa bangga, mereka juga beranggapan bahwa dengan adanya batik Jawa menjadi design produk limited dari Jerman maka batik Jawa akan lebih dikenal oleh masyarakat luas dari berbagai negara yang ada di dunia.

Pro dan kontra terhadap masalah itu bergulir diantara masyarakat Indonesia pada saat itu.

Kopi Gayo Khas Aceh Diklaim Oleh Perusahaan Multinasional Belanda

Kasus ini mencuat saat kopi khas Indonesia ini diproduksi oleh salah satu perusahaan Belanda dan Belanda juga sempat mengklaim bahwa kopi Gayo merupakan produksi dari negara tersebut.

Tidak ada yang menyangka bahwa kebudayaan asli Indonesia yang menjadi kebanggan masyarakat Aceh, berbentuk minuman kopi jenis Arabika ini sempat diklaim oleh negara Belanda.

Kerajinan Perak Desak Suwarti Khas Bali Diklaim Oleh Negara Amerika

Bentuk kebudayaan Indonesia lainnya yang diklaim oleh negara lain adalah Desain kerajinan Perak Desak Suwarti asal Bali ini.

Kerajinan ini diklaim oleh warga negara Amerika. Warga negara Amerika ini menyatakan bahwa desain kerjainan Perak Desak Suwarti itu merupakan hasil karyanya.

Dan lebih parahnya lagi warga negara Amerika itu menggunakan desain kerjainan tersebut untuk kepentingan komersial.

Itulah beberapa kebudayaan asli Indonesia yang diklaim dan diakui oleh negara luar. Jika sudah terjadi kasus-kasus seperti itu barulah warga negara Indonesia bingung bagaimana untuk merebutnya kembali dan akan menyalahkan pemerintah karena tidak peduli dengan harta yang dimiliki Indonesia.

Padahal seharusnya kitalah yang harus menjaga kebudayaan yang telah dimiliki negara Indonesia sejak lama ini untuk memulai perubahan, revolusi mental, dan untuk melestarikan kebudayaan-kebudayaan tersebut.


Penulis - Nabila Dwi Ariati