Mengenali Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia Akut

Mengenali Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia Akut
Gambar. www.freepik.com
HIRANKA.COM - Insomnia akut merupakan salah satu jenis gangguan tidur yang sering di alami dan biasanya terjadi selama berhari-hari bahkan sampai berminggu-minggu. 

Jenis insomnia tersebut biasanya diakibatkan oleh hal-hal yang dapat memicu rasa stres ataupun karena mengonsumsi obat-obat tertentu.

Kondisi tersebut biasanya dapat diatasi dengan cara merubah kebiasaan agar bisa tidur dengan lebih nyenyak pada malam hari. 

Mengenali Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia Akut

Untuk lebih memahami informasinya, terlebih dahulu kenali hal-hal yang menjadi penyebab insomnia akut serta cara mengatasinya, seperti berikut ini.

Penyebab Insomnia Akut

Melansir dari Verywell Health, Insomnia Akut merupakan salah satu gangguan tidur yang dapat membuat para penderitanya susah untuk tidur dengan nyenyak. 

Gangguan tidur tersebut biasanya terjadi selama kurang dari tiga bulan dan kadang-kadang dapat terjadi tanpa ada penyebab yang pasti.

Namun, kondisi lingkungan maupun kondisi fisik juga dapat berkontribusi menjadi penyebab terjadinya gangguan tidur insomnia, seperti :

  • Ada perubahan tertentu terkait dengan ruangan tempat untuk tidur seperti pencahayaan, temperatur, perubahan suara, ataupun perubahan-perubahan lainnya
  • Mengonsumsi kafein ataupun mengalami gejala-gejala penarikan alkohol atau obat-obatan sedatif lain
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat-obat stimulan
  • Merasakan stres karena urusan percintaan, pekerjaan, ataupun karena berduka
  • Menderita fibromyalgia atau mengalami rasa nyeri atau rasa sakit pada bagian-bagian tubuh tertentu ataupun mengalami nyeri pada seluruh tubuh hingga menyebabkan susah untuk tidur
  • Merasakan dorongan untuk buang air yang lebih sering pada malam hari
  • Mengalami gangguan-gangguan hati ataupun perasaan seperti depresi ataupun kecemasan sehingga resiko sulit tidur di malam hari semakin meningkat

Karena beberapa penyebab-penyebab tersebut lah yang dapat menganggu kualitas tidur pada malam hari sehingga tidur menjadi lebih susah hingga tidur menjadi tidak nyenyak

Cara Mengatasi Insomnia Akut

Insomnia Akut biasanya tidak membutuhkan perawatan ataupun pengobatan tertentu karena biasanya gangguan tersebut akan berangsur-angsur membaik dalan waktu beberapa hari ataupun beberapa Minggu.

Tetapi, kondisi yang tak kunjung membaik dalam waktu kurang lebih tiga bulan, dapat berubah menjadi insomnia kronis yang akan berpengaruh pada performa juga aktivitas-aktivitas yang di lakukan di setiap harinya.

Cara-cara yang dapat di lakukan untuk mengatasi masalah insomnia akut adalah dengan melakukan kebiasaan tidur dengan baik , seperti :

  • Tidur maupun bangun dengan jadwal yang sama di setiap harinya, termasuk saat akhir pekan
  • Menggunakan tempat tidur yang hanya diperuntukkan untuk beristirahat atau tidur tidak untuk bekerja, bermain, ataupun kegiatan yang lainnya
  • Menyegerakan bangun dari tempat tidur saat tidak bisa tidur dalam jangka waktu yang lama serta menyebabkan perasaan cemas
  • Hindari mengonsumsi kafein ataupu alkohol saat menjelang waktu tidur
  • Menjaga tempat tidur untuk tetap tenang tidak ada suara-suara bising yang menganggu
  • Menghindari penggunaan handphone, televisi, ataupun barang elektronik lainnya sebelum tidur
  • Mengindari memakan makanan dengan porsi yang besar menjelang tidur
  • Menghindari kebiasaan seperti selalu melihat jam untuk menghitung waktu yang akan di butuhkan hingga dapat tertidur dengan sendirinya
  • Melakukan metode relaksasi untuk tubuh sebelum tidur

Gangguan-gangguan tidur seperti insomnia yang di alami akan berangsur-angsur membaik jika penyebab insomnia akut tersebut dapat diatasi. 

Namun, jika insomnia tak kunjung membaik dalam kurun waktu yang lebih dari tiga bulan atau semakin memburuk, maka disarankan untuk berkonsultasi dengan medis agar mendapatkan pengobatan serta perawatan yang tepat.



Penulis - Nabila Dwi Ariati