Mengatasi Sembelit Dengan Bahan-Bahan Alami yang Mudah Dijumpai, Apa Saja?

Mengatasi Sembelit Dengan Bahan-Bahan Alami yang Mudah Dijumpai, Apa Saja?
Gambar. www.freepik.com
HIRANKA.COM - Mengonsumsi sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian bisa untuk membantu mengatasi masalah sembelit dengan cara alami. 

Sembelit merupakan gangguan gastrointestinal yang paling sering terjadi, di mana waktu buang air besar lebih jarang dan feses lebih susah untuk keluar.

Tanda-tanda seseorang mengalami sembelit antara lain, BAB tidak sampai tiga kali dalam satu Minggu, feses menjadi keras, mengejan, merasa BAB tidak tuntas, terasa menyumbat, atau kesusahan saat buang air besar.

Tanda-tanda sembelit itu dapat di atasi oleh sejumlah makanan yang dapat di jadikan sebagai obat alami. Sementara itu, obat alami bekerja untuk melunakkan tinja yang keras, meningkatan frekuensi saat buang air besar, serta mempercepat waktu transit tinja di dalam usus.

Artikel kali ini akan membahas dengan ringkas macam-macam obat alami yang dapat mengatasi masalah sembelit.

Buah Pir

Buah pir merupakan buah yang bercita rasa manis dan di kemas dengan kandungan vitamin serta antioksidan dan rendah kalori, satu buah pir hanya mempunyai kurang lebihnya 60 kalori.

Buah pir juga memiliki banyak serat serta kandungan air melimpah yang bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah sembelit.

Buah Semangka

Buah semangka merupakan buah yang memiliki serat yang rendah, namun memiliki kandungan air sekitar 92 persen. Hal tersebut membuat buah semangka bermanfaat untuk membantu mengatasi masalah sembelit. 

Selain itu, buah semangka sangat kaya akan nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh, serta memiliki kandungan vitamin A, B, C juga likopen yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Buah Pepaya

Buah pepaya merupakan buah terbaik yang dapat di jadikan sebagai obat alami untuk mengatasi sembelit. Buah yang satu ini memiliki kandungan air yang cukup banyak dan tinggi akan serat.

Satu buah pepaya yang berukuran sedang memiliki kandungan sekitar lima gram serat. Buah pepaya juga memiliki kandungan kalsium, magnesium, serta potassium dengan dosis yang cukup untuk kebutuhan tubuh.

Buah Apel

Buah apel merupakan buah yang memiliki kandungan pektin atau bentuk serat larut. Di dalam sistem pencernaan, senyawa pektin dapat berubah menjadi SCFA di dalam usus.

Asam lemak atau SCFA itu akan menarik air menuju ke usus besar untuk membantu melunakkan feses, dan membuat feses lebih mudah untuk di keluarkan.

Air Kelapa

Mengonsumsi air kelapa merupakan cara yang tepat untuk membuat tubuh terdehidrasi dan bisa juga sebagai bahan alami untuk membantu mengatasi sembelit.

Air kelapa memiliki banyak kandungan mineral, nutrisi, serta antioksidan yang dapat membantu mendorong feses melewati rongga usus serta rektum.

Kopi

Secangkir kopi yang biasa di seduh di pagi hari pun dapat di jadikan sebagai obat alami untuk membantu mengatasi masalah sembelit. Gak tersebut dapat terjadi karena kopi memiliki kandungan kafein yang dapat meningkatkan motilitas gastrontestinal.

Yang artinya kandungan kafein pada kopi dapat membuat otot-otot pad usus berkontraksi sampai memudahkan tubuh untuk mengeluarkan feses.

Perlu diketahui, bahwa tak semua obat alami yang telah disebutkan di atas dapat bekerja secara maksimal pada tubuh setiap orang. Karena sembelit dapat terjadi karena perbedaan faktor-faktor yang di alami setiap orang.

Jika obat-obat alami di atas tidak maksimal atau menyebabkan efek samping dalam membantu dalam mengatasi sembelit, maka lebih baik untuk memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan pengobatan yang lebih lanjut.



Penulis - Nabila Dwi Ariati