Inilah Perbedaan Sekolah dan Kuliah, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

Inilah Perbedaan Sekolah dan Kuliah, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!
Gambar. www.pexels.com
HIRANKA.COM - Bagi siswa dan siswi sekolah yang akan melanjutkan pendidikannya ke tingkat kuliah, hal yang perlu diketahui adalah bagaimana agar dapat menyesuaikan diri antara dunia sekolah dan dunia kuliah. 

Pastinya antara keduanya memiliki perbedaan. Adapun masing-masing dari kedua jenjang tersebut terdapat perbedaan-perbedaan yang membuat keduanya nampak unik. Saat di sekolah, para siswa dapat belajar banyak ilmu. 

Tetapi saat di jenjang kuliah, maka para mahasiswa harus menentukan satu jurusan di kuliah yang harus di pilih.

Inilah Perbedaan Sekolah dan Kuliah, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

Inilah beberapa perbedaan-perbedaan sekolah dan kuliah yang wajib di Ketahui para calon mahasiswa ataupun mahasiswi.

1. Memilih Pelajaran Yang Di Minati

Saat masih sekolah biasanya kita akan mempelajari seluruh mata pelajaran. Namun, saat kuliah kita akan belajar materi-materi yang relevan dengan jurusan yang sudah di pilih sebelumnya.

Maka dari itu, apa yang di pelajari saat di bangku kuliah akan lebih khusus dan sesuai dengan minat serta bakat. Dengan begitu, proses belajar akan lebih mudah memahami dan akan lebih terasa menyenangkan.

2. Mahasiswa Harus Aktif

Jika masih berada di bangku sekolah kita biasanya masih di bantu dengan orang tua, namun ketika sudah kuliah kita harus aktif serta memiliki inisiatif sendiri dalam semua hal. Tentu hal itu bertujuan untuk meningkatkan dan mengasah skill, karena semua itu asalnya dari skill yang di miliki diri sendiri, bukan dari orang tua.

3. Belajar Dari Ahlinya

Saat di bangku kuliah, kita akan belajar suatu mata kuliah dari seorang dosen atau seorang profesional atau ahli pada suatu bidang. Sehingga, seorang dosen akan mengajar sejumlah mata kuliah yang sesuai dengan bidang masing-masing atau relevan dengan bidang satu dengan bidang yang lainnya.

Biasanya seorang tenaga pengajar di tingkat perguruan tinggi merupakan dosen yang lulus dari jurusan yang relevan dan menjadi seorang praktisi. Dengan belajar langsung dari ahlinya, ilmu yang akan di dapatkan pun benar-benar sesuai dengan dunia industri.

4. Waktu Belajar Yang Fleksibel

Saat duduk di bangku sekolah, biasanya kita belajar selama kurang lebih 8-9 jam di setiap harinya. Namun saat kita sudah menginjak di bangku kuliah, pembelajaran mata kuliah biasanya di laksanakan di pagi hari, setelah itu kuliah kedua biasanya di lakukan pada siang hari setelah jam makan siang.

Atau terdapat mata kuliah yang baru di mulai pada siang hari. Jadi, waktu pembelajaran saat di bangku perkuliahan lebih fleksibel. Namun sebagai mahasiswa tetap saja kita harus disiplin dengan waktu yang sudah ditentukan.

5. Disiapkan Menjadi Ahli Pada Bidangnya

Karena di awal kita sudah memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat, maka kita nanti akan di siapkan untuk menjadi profesional atau ahli pada bidang tertentu. Ini bertujuan agar kita dapat benar-benar mendalami materi pada jurusan tersebut dan saat sudah lulus bisa menjadi seorang ahli di bidang tersebut.

6. Tugas Menjadi Lebih Beragam

Adapun perbedaan saat sekolah dan kuliah yang selanjutnya adalah saat di bangku perkuliahan kita akan mengerjakan tugas kuliah yang lebih beragam. 

Jika tugas di sekolah kita biasanya di minta untuk mengerjakan LKS, maka di kuliah tugas yang harus di kerjakan lebih beragam.

Biasanya seorang dosen akan memberikan mahasiswa tugas-tugas seperti membuat proyek, membuat makalah, membuat artikel, membuat jurnal, membuat presentasi, melakukan observasi, membuat even, dsb.

Nah itulah beberapa perbedaan di bangku sekolah dan di bangku perkuliahan, untuk para siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi sebaiknya mengetahui apa minat dan bakat yang akan menunjang masa depan. Semoga bermanfaat!



Penulis - Nabila Dwi Ariati