Direktur Pertamina Dicopot dari Jabatannya, Erick Thohir: Ada Sebab Akibatnya

Direktur Pertamina Dicopot dari Jabatannya, Erick Thohir: Ada Sebab Akibatnya
Gambar. bekasi.pikiran-rakyat.com
HIRANKA.COM - Erick Thohir, menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN dengan resmi telah mencopot jabatan Dedi Sunardi sebagai direktur penunjang bisnis PT Pertamina. Pencopotan jabatan Dedi Sunardi dilaksanakan setelah peristiwa kebakaran pada Jumat 3 Maret 2023 di Terminat Bahan Bakar Minyak Pertamina yang terletak di Plumpang, Jakarta Utara.

Keputusan mengenai dicopotnya direktur penunjang Pertamina tersebut diambil pada rapat umum para pemegang saham perusahaan Pertamina. Rapat umum tersebut dilaksanakan pada hari Rabu 8 Maret 2023. Pemberhentian Dedi Sunardi sebagai direktur penunjang bisnis Pertamina diputuskan memberhentikan Dedi secara hormat.

Meskipun begitu, Erick Thohir sempat terang-terangan untuk mengatakan kepada media apa alasan dia mencopot jabatan seorang direksi dari BUMN PT Pertamina tersebut. Dari pengakuan Erick Thohir dijelaskan bahwa ia memiliki dua alasan yang menjadi sebab di copotnya jabatan Dedi Sunardi.

Alasan yang pertama adalah Erick Thohir menuturkan bahwa dirinya sudah memperingatkan sejumlah direksi BUMN termasuk juga direksi dari Pertamina. Ia memperingatkan untuk membuat agenda dan menstrategikan penyelesaian zona di wilayah Depo Pertamina. Ia juga menegaskan bahwa hal itu sudah ia wanti-wanti dari 2 tahun lalu.

Adapun yang menjadi alasan kedua adalah Erick sudah pernah menyinggung bagaimana tanggungjawab yang harus dilaksanakan oleh seorang direksi terhadap korban bencana kebakaran Depok Pertamina yang ada di Plumpang, yaitu dengan pendampingan. Erick juga menuturkan bahwa ia telah meminta pada seluruh direksi untuk terjun langsung ke lokasi kejadian.

Erick mengatakan bahwa ketika ia meminta para direksi untuk terjun langsung, terdapat direksi yang menghadiri dan yang tidak hadir pada peristiwa tersebut. Erick juga mengatakan bahwa ia hadir dalam peristiwa tersebut walaupun ia sedang ada event besar di Surabaya.

Karena dua hal yang sudah disebutkan itulah yang menjadi dugaan sebagai alasan yang diberikan Erick Thohir untuk mencopot jabatan Dedi Sunardi sebagai direktur penunjang bisnis Pertamina.

Walau begitu menurut para pengamat alasan-alasan yang diberikan oleh Erick Thohir kepada media malah menunjukkan kesalahan yang dilakukan oleh Erick sendiri. Pengamat menjelaskan bahwa keputusan Erick Thohir untuk mencopot jabatan direksi Pertamina itu terlalu subjektif.

Sebelum itu Mentri BUMN Erick Thohir sudah pernah menyinggung mengenai masalah pencopotan direktur Pertamina pada Jumat 3 Maret 2023. Hal tersebut merupakan pengakuan Erick Thohir sendiri, ia berkata bahwa sudah menghubungi beberapa direksi BUMN via telfon untuk memberikan peringatan terkait kejadian tersebut.

Erick Thohir meminta pada semua BUMN yang telah mengelola aset-aset negara yang penting dan membuat tim manajemen resiko untuk bisnis. Erick juga menuturkan bahwa jika diperlukan, ia akan mencopot kembali jabatan direksi BUMN yang lain.

Erick menegaskan untuk manajemen resiko bisnis untuk memeriksa secara keseluruhan bukan hanya soal keuangan saja. Ia juga mengaku sudah melakukan analisis dan akan memantau langsung perkembangannya dalan segi perbaikan dalam kurun waktu menengah.

Dan lebih lanjutnya, Erick menginformasikan bahwa ia sudah menegaskan para seluruh anggota jajaran BUMN yang terlibat dari awal untuk langsung memberi perhatian dengan tata zonasi objek-objek penting nasional.

Erick menilai bahwa diperlukan tatanan ulang yang harus dilakukan untuk batasan-batasan aset tersebut dengan pemukiman masyarakat agar peristiwa yang tidak di inginkan ini tidak akan terulang untuk yang kedua kalinya.



Penulis - Nabila Dwi Ariati