Bagaimana Bisa Tercipta Pesawat Terbang?

Bagaimana Bisa Tercipta Pesawat Terbang?
Gambar - www.pexels.com
HIRANKA.COM - Sejak abad ke-6, manusia mengamati burung-burung yang terbang dilangit. Lalu timbulah rasa ingin melayang-layang di udara seperti burung itu sambil melihat keindahan bumi kita. Berbagai upaya yang telah dilakukan, sebelum akhirnya terciptanya sebuah pesawat terbang

Bagaimana Bisa Tercipta Pesawat Terbang?

Sejak pada abad ke-6 yang telah dilakukan usaha dari yang penggeraknya manual hingga dengan teknologi. Adapun usaha yang dilakukan. Adapun hal yang telah dicoba oleh manusia terlebih dulu yaitu:

1.  Terbang dengan Layang-Layang

Kurang lebih pada tahun 559, seorang pangeran china Yuan Huangtou, diterbangkaan menggunakan layang-layang. Ia dilepas dari puncak sebuah menara. 

Ia berhasil terbang beberapa saat melewati tembok kota, dan mendarat dengan selamat. Bisa dibayangkan, seberapa besar layang-layang yang harus dibuat untuk pangeran itu? Bahan2 yang dipakai pun juga masih sangat sederhana seperti bambu dan kain.

2.  Terbang dengan Sayap Buatan

Usaha yang dilakukan selanjutnya yaitu terbang dengan sayap buatan.

Abbas ibn Firnas, telah melakukan percobaan terbang yang di lakukan di puncak masjid raya cordoba spanyol pada tahun 852. Ia menggunakan sayap yang dibuat menyerupai sayap burung. Namun sayangnya ia gagal dan terjatuh saat itu. Tetapi ia selamat karna pakai baju pelindung saat itu. 

Ia pantang menyerah, lalu mencoba lagi dengan cara yang sama, namun ia melakukannya dari atas gunung Jabal al-arus. ia berhasil berputar-putar dan kembali ke tempat semula. Sayangnya ia gagal dalam melakukan pendaratan itu. Akibat kejadian itu ia mengakibatkan cedera pada punggung yang sangat parah.

3.  Design Alat Terbang

Usaha terbang yang satu ini tidak memiliki bukti otentik. Meski tercatat dalam sejarah abad ke 15, tepatnya tahun 1496 Leonardo da Vinci mencoba membuat design alat terbang dan pesawat. 

Design tersebut ia tuangkan dalam gambar serta sketsa. Tetapi sayangnya tidak ada wujud dari rancangannya dari tokoh ini.

4.  Pesawat Terbang Layang

Seseorang bernama Hezarfen Ahmet Celibi yang mencoba untuk terbang dengan mengendarai pesawat terbang layang menyebrangi Bosporus. Ini merupakan prestasi luar biasanya pada abad ke-17. 

Sekitar tahun 1630 hingga 1632, ia melompat dan melucur dari menara galata yang terletak di Istanbul, Turkiye yanng tingginya 55 meter. Ia berhasil terbang sejauh 3 km dan mendarat dengan selamat.

5.  Balon Udara

Semakin berkembangnya zaman, semakin maju pemikiran manusia yang ingin terbang. Pada abad ke 18 tahun 1783 Jean Francois Pilatre dan Francois Laurent terbang dengan balon udara. 

Saat itu mereka berhasil terbang dengan jarak tempuh 8 km. Balon tersebut ditemukan oleh Mongolfier bersaudara. Tenaga yang dipakai hanya dengan kayu bakar dan tidak ada navigasi. Sehingga balon ini hanya ikut angin berhembus.

6.  Pesawat Layang

Kemajuan teknologi alat terbang dimulai saat memasuki abad ke 19. Mantgomry berhasil menciptakan pesawat layang yang merupakan hasil penyempurnaan dari penemuan pendahulunya. 

Tak lagi bergantung kepada angin berhembus, kali ini pesawat dilengkapi dengan navigasi, sehingga dapat dikendalikan dengan mereka yang mengendarainya.

7.  Pesawat Mesin

Puncak dari kesuksesan manusia untuk mewujudkan keinginan mereka bisa terbang ada diabad ke-20. Wright bersaudara tecatat sebagai pelopor dan penemu. Penerbangan pesawat pertama kali pada 17 desember 1903. 

Wibul wright dan orville wright adalah kakak beradik yang berasal dari wilayah Millville Indiana. Meski mereka tidak kuliah, keduanya memiliki keinginan untuk dapat membuat alat transportasi yang dapat digunakan oleh manusia dengan lebih cepat dan mudah. 

Benda tersebut berhasil setelah melewati ratusan kali percobaan. Selama dalam uji coba dari 200 pasang sayap yang telah digunakannya, mereka memilih satu dari yang terbaik untuk dijadikan sayap pada pesawat tersebut. 

Sejak saat itu juga, keinginan seorang manusia untuk terbang dan melihat bumi dari langit bukan lagi mimpi.


Penulis - Yumna Adzra