6 Tempat Wisata Favorit di Kepulauan Riau

6 Tempat Wisata Favorit di Kepulauan Riau
Hiranka.com - Jembatan Barelang adalah jembatan yang menggambungkan banyak daerah termasuk kepulauan Riau, gambar: id.wikipedia.org
HIRANKA.COM - Kepulauan Riau merupakan salah satu provinsi yang berupa lebih dari ratusan pulau kecil yang terletak di timur Sumatera. Provinsi yang beribukota di Tanjungpinang ini menyimpan keindahan yang seringkali menjadi tujuan wisatawan dalam negeri maupun mancanegara.

6 Tempat Wisata Favorit di Kepulauan Riau

Berikut beberapa keindahan tersebut kami rangkumkan untuk kalian:

1. Patung Seribu

6 Tempat Wisata Favorit di Kepulauan Riau
Gambar: ksmtour.com
Pernah mendengar tentang makam yang berisi seribu patung hingga disebut ‘Terakota’ di daerah Cina? Jika kamu ingin menikmati pemandangan semacam itu, kalian bisa pergi ke Kepulauan Riau loh!

Patung seribu ini terdapat di sebuah vihara yang bernama Vihara Ksitigarbha Budhisattva. Patung-patung yang ada di tempat ini total berjumlah sekitar 500 patung dengan berbagai rupa, 40 di antaranya merupakan patung berupa dewa-dewa dalam kepercayaan Buddha.

Selain adanya patung-patung tersebut, fakta menarik lainnya adalah vihara ini merupakan vihara terbesar kedua di Asia Tenggara. Vihara unik ini terletak hanya sekitar 10 menit perjalanan dari pusat kota Tanjungpinang.

2. Pantai Marina

6 Tempat Wisata Favorit di Kepulauan Riau
Gambar: inews.id
Dari namanya saja, kita pasti sudah terbayang bahwa Kepulauan Riau akan dikelilingi dengan pantai-pantai indah.

Meskipun begitu, Pantai Marina tidak hanya menawarkan keindahan pemandangan pantai dengan pasir putih dan ombak tenang yang indah. Dari pantai ini kalian juga dapat melihat bayang-bayang panorama Singapura, sebab pantai ini terletak dekat sekali dari negara kota tersebut.

Jangan khawatir jika membawa anak-anak, sebab di pantai ini juga disediakan taman hijau untuk bermain. Menikmati sunset merupakan salah satu kegiatan pilihan yang dapat dilakukan di pantai ini.

3. Lagoi Bay

6 Tempat Wisata Favorit di Kepulauan Riau
Gambar: regional.kompas.com
Berlokasi sejajar dengan Selat Malaka, Pulau Lagoi sudah tersohor di dunia internasional, terutama posisinya tersebut yang menyebabkannya banyak dikunjungi wisatawan asing melalui Singapura.

Pulau ini memiliki sebuah kawasan yang sering disebut sebagai Pantai Kuta-nya Riau. Kawasan itu dinamakan Lagoi Bay dan ditandai dengan tulisan besar ‘Lagoi Bay’ berwarna-warni di tepi pantai.

Jalan di tepi kawasan ini dinamakan Lagoi Bay Lantern Park, sebab dihiasi oleh lentera berwarna-warni dengan bermacam bentuk, yang akan semakin indah pada malam hari.

Dengan ombak yang relatif tenang dan pasir putih yang bersih, pohon kelapa yang banyak berjajar di tepian pantai akan semakin membuat kamu nyaman bersantai di tempat wisata ini.

4. Gunung Bintan

6 Tempat Wisata Favorit di Kepulauan Riau
Gambar: jagel.id
Untuk mencapai Pulau Lagoi dari Tanjungpinang, Anda harus melalui Pulau Bintan.

Salah satu pulau indah di Kepulauan Riau ini juga tidak hanya memiliki pantai-pantai indah yang menjadi ciri khasnya. Namun kamu yang hobi mendaki gunung atau hiking bisa mencoba salah satu gunung indah di Kepri, yaiut Gunung Bintan.

Meskipun tidak setinggi gunung-gunung pada umumnya dan lebih tepat disebut bukit, kamu perlu menempuh waktu sekitar 3 jam untuk mencapai puncak gunung ini.

Dari puncak gunung, kamu dapat menikmati hamparan indah Teluk Bintan, hutan-hutan yang masih hijau, dan kesibukan kota kecil yang ada di sekitarnya.

Jangan lupa untuk singgah menikmati durian, sebab tempat ini juga dikenal merupakan salah satu produsen durian terbesar.

5. Pantai Trikora

6 Tempat Wisata Favorit di Kepulauan Riau
Gambar: anekatempatwisata.com
Jika kalian ingin menikmati keindahan pantai yang ideal, dengan pasir putih yang bersih, ombak yang tenang, angin semilir, air yang sangat jernih dan dan keindahan lainnya, mampirlah ke Pantai Trikora.

Pantai Trikora yang juga terletak di Pulau Bintan ini memiliki semua keindahan yang kami sebutkan tadi. Kamu juga bisa melakukan snorkling di sini untuk menikmati keanekaragaman biota bawah laut yang ada. Memancing, menginap, dan melakukan tour pulau tak berpenghuni juga adalah beberapa aktivitas menarik yang perlu kamu coba.

6. Kampung Vietnam

6 Tempat Wisata Favorit di Kepulauan Riau
Gambar: lampung.inews.id
Terletak di Pulau Galang, Batam, Kampung Vietnam dahulunya merupakan sebuah tempat penampungan para pengungsi dari Vietnam saat perang melanda negara tersebut pada tahun 1979-1996 lalu.

PBB pada masa itu meminta agar Indonesia menyediakan tempat untuk para pengungsi. Kini Pulau Galang dengan Kampung Vietnam-nya menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang penasaran dengan sisa-sisa sejarah kehidupan para pengungsi tersebut.


penulis - Muhammad Hayyi