6 Lokasi Wisata Terbaik di Bangka Belitung

6 Lokasi Wisata Terbaik di Bangka Belitung
Hiranka.com - Gambar. www.popbela.com
HIRANKA.COM - Provinsi Bangka Belitung adalah salah satu wilayah di Indonesia yang terkenal dengan pantai-pantainya yang indah. Namun ternyata masih banyak keindahan dan keunikan yang dapat kamu nikmati dari provinsi yang beribukota di Pangkalpinang ini.

6 Lokasi Wisata Terbaik di Bangka Belitung

Berikut kami rangkum beberapa di antaranya:

1. Museum Kata Andrea Hirata

Gambar: kumparan.com
Kamu pasti tahu film dan novel Laskar Pelangi, kan? Film hits itu diadaptasi dari novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh Andrea Hirata.

Museum yang diresmikan pada November 2012 ini terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gantong, Belitung Timur.

Kalian akan merasakan suasana khas film dan novel Laskar Pelangi di tempat ini. Seakan-akan cerita itu diulang kembali dan tampak nyata di depan kalian.

Terdapat beberapa ruangan yang dinamai dengan nama tokoh utama dalam film seperti Ruang Ikal, Ruang Mahar, dan Ruang Lintang, yang berisi penggambaran tentang sosok-sosok tersebut.

Kamu juga dapat mengobrol sambil menyeruput kopi di Warkop Kopi Kuli sambil menikkmati suasana museum.

Museum ini memiliki banyak hal lain yang menceritakan perjalanan karya Andrea Hirata yang telah diterjemahkan ke berbagai bahasa tersebut.

2. Pantai Tanjung Tinggi

Gambar: travel.tempo.co
Jika mendengar tentang Bangka Belitung, biasanya yang terbayang adalah landscape pantai berpasir putih dengan batu-batu tinggi besar di sekelilingnya.

Jika ingin melihat langsung pemandangan semacam itu, datanglah ke Pantai Tanjung Tinggi.

Pantai yang berada di antara Tanjung Kelayang dan Tanjung Pendam ini terletak 31 km dari kota Tanjung Pandan.

Pantai yang juga terkenal berkat pemandangannya yang elok dalam film Sang Pemimpi dan Laskar Pelangi ini akan menyambut Anda dengan ratusan batu granit besar di sepanjang pantai dan laut. Bahkan ada beberapa batu yang memiliki volume sangat besar dan lebih besar dari sebuah rumah, loh!

3. Pulau Lengkuas

Gambar: www.andalastourism.com
Satu lagi yang sering muncul di berbagai media sebagai ikon Bangka Belitung adalah sebuah pulau dengan sebuah mercusuar putih menjulang di tengahnya.

Pulau kecil ini bernama Pulau Lengkuas. Dari Pantai Tanjung Kelayang, kamu bisa menyewa perahu dan menempuh sekitar 30 menit untuk mencapai pulau kecil ini.

Pulau kecil ini dapat kamu kelilingi dengan menghabiskan waktu 15-20 menit saja. Akan tetapi, keindahan pantai, ikan-ikan juga terumbu karang yang tampak jelas di laut dangkal yang biru jernih tentu akan membuatmu merasa betah dan berat untuk meninggalkannya.

Mercusuar yang ada di tengah pulau ini adalah peninggalan kolonial Belanda dan dibangun sejak tahun 1882. Kamu bisa memasuki mercusuar ini dan menikmati keindahan pemandangan pulau di sana.

Snorkling, diving, menikmati keindahan granit-granit raksasa yang tersebar di sekitar pulau juga bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu di pulau unik ini.

4. Pantai Tanjung Kelayang

Gambar: yoexplore.co.id
Pantai Tanjung Kelayang terletak di Kecamatan Sijuk dan hanya berjarak sekitar 25-30 menit dari kota Tanjung Pandan.

Di pulau ini kalian juga dapat menemukan kumpulan batu granit besar yang merupakan ciri khas pantai-pantai Bangka Belitung.

Di sekitar semenanjung Kelayang, kamu juga dapat menjelajahi banyak pulau-pulau eksotis dan cantik.

Pantai ini memiliki pasir yang halus dan laut yang bening. Ombak Pantai Tanjung Kelayang tidak terlalu tinggi sehingga cocok untuk berenang.

Salah satu yang menjadi ikon pantai ini adalah tumpukan batu granit yang membentuk formasi seperti kepala burung.

Sejak tahun 2015, pemerintah menetapkan kawasan pantai Tanjung Kelayang sebagai salah satu dari 10 Destinasi Pariwisata Prioritas.

5. Bukit Menumbing

Gambar: sengpaku.blogspot.com
Tidak hanya pantai, Bangka Belitung juga menawarkan wisata alam berupa bukit yang unik dan menarik.

Salah satunya adalah Bukit Menumbing. Bukit yang terletak di Kabupaten Bangka Barat ini memiliki ketinggian 355 mdpl.

Bukit ini dikenal dahulu merupakan tempat dimana banyak pahlawan kemerdekaan Indonesia diasingkan.

Kamu dapat menemukan sebuah rumah yang disebut Wisma Menumbing yang dahulu pernah ditinggali oleh Bung Karno, Hatta, maupun tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan lainnya.

Sebelum itu, bangunan yang juga disebut Pesanggrahan Menumbing ini juga dahulu merupakan tempat peristirahatan para pejabat/petinggi kolonial Belanda.

6. Gurun Pelawan Namang

Gambar: www.tribunnewswiki.com
Sering disebut mirip dengan Gurun Atacama, sebuah gurun di Chile yang terkenal, Gurun Pelawan Namang adalah bukit yang dahulu digunakan untuk aktivitas tambang timah.

Gurun ini menyajikan suasana gurun pasir berwarna merah  kekuningan khas gurun dengan danau yang ada di tengah-tengahnya.

Gurun ini berlokasi di Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah.

Kamu sangat disarankan untuk menikmati sunset di gurun ini, rasanya seperti berada di gurun pasir yang ada di Timur Tengah, loh!


Penulis - Muhammad Hayyi