3 Tips dan Trik Hemat dalam Sebulan Ala Anak Kos, Dijamin Cukup Sampai Bulan Depan

3 Tips dan Trik Hemat dalam Sebulan Ala Anak Kos, Dijamin Cukup Sampai Bulan Depan
Gambar. www.pexels.com
HIRANKA.COM - Bagi mahasiswa atau pekerja yang merantau jauh dari rumah juga dari keluarga dan memutuskan untuk tinggal di kos, bukan hal baru lagi jika sebagai anak kos kita harus mengatur keuangan dengan sedemikian rupa, agar uang bisa bertahan hingga akhir bulan.

Merantau membuat kita harus belajar hemat dalam menggunakan uang untuk bisa bertahan hidup dalam segala macam situasi dan kondisi di perantauan. 

Karena hal itu lah, menjadi seorang perantau harus cerdas dalam mengatur keuangan.

3 Tips dan Trik Hemat dalam Sebulan Ala Anak Kos, Dijamin Cukup Sampai Bulan Depan

Lalu bagaimanakah tips dan trik untuk mengatur keuangan ala anak kos, ditengah beragamnya kebutuhan yang harus kita persiapkan untuk diri kita sendiri. 

Nah mari simak artikel dengan tema 5 tips dan trik  hemat dalam sebulan ala anak kos, dijamin uang cukup untuk bulan depan berikut ini.

1. Membawa Rice Cooker Dari Rumah

Nasi merupakan salah satu makanan pokok untuk orang Indonesia. Jika kita ingin berhemat saat di kos, maka sebisa mungkin kita membawa rice cooker dari rumah, karena untuk meminimalisir pengeluaran kita untuk membeli nasi. Jika kita tidak membawa rice cooker dari rumah pastinya kita harus membeli nasi dari warung.

Kita alokasikan harga nasi di angka 3000-5000 perbungkus jika kita sehari makan 2 kali maka kita mengahabiskan 6.000-10.000 untuk membeli nasi saja. 

Jika kita membawa rice cooker dari rumah kita hanya perlu membeli beras seharga 10.000-12.000 per liternya. 

Jika ngekos sendiri dan makan 2 kali sehari, beras satu liter cukup untuk 3-5 hari bahkan lebih jika kita hanya makan nasi yang sedikit.

2. Usahakan Untuk Tidak Membeli Makanan Di Aplikasi Delivery Order

Masalah anak kos pasti tidak jauh dengan pernyataan 'bingung mau makan pake apa hari ini' disetiap harinya. 

Jika kalian merasa bingung untuk mau makan apa, sebagai anak kos yang ingin hidup hemat maka tidak dianjurkan untuk mencari referensi mambeli makanan di aplikasi delivery order.

Makanan di aplikasi delivery order memang sangatlah banyak, dan sebagai anak kos yang memiliki segudang aktivitas biasanya kita terlalu malas untuk membeli makanan diluar dan memutuskan untuk membeli makanan di aplikasi delivery order karena dinilai sangat praktis.

Namun karena kebiasaan ingin kepraktisan itulah yang biasanya membuat kita terlalu boros. Karena makanan di aplikasi delivery order dinilai lebih sedikit mahal karena adanya uang untuk ongkir dan administrasinya. 

Maka solusi dari permasalahan itu lebih baik kita memasak makanan sendiri atau membeli di warung yang dekat dengan tempat kos karena biasanya untuk membeli lauk di warung untuk sekali makan tidak sampai puluhan ribu.

3. Mengusahakan Untuk Membawa Bekal Makanan dan Tumblr Minum Sendiri

Untuk meminimalisir pengeluaran untuk jajan dan makan siang saat bekerja ataupun kuliah, kita usahakan untuk membawa bekal makan siang dari kosan. Kita bisa memasak sebelum berangkat, kita bisa menyiapkan makanan simpel untuk bekal seperti nasi goreng, roti, mi instan, ataupun nasi dengan telur.

Dan usahakan untuk membawa tumblr saat bekerja ataupun kuliah, karena biasanya kita pasti akan haus. Untuk meminimalisir pengeluaran untuk membeli air minum, maka agar lebih hemat kita usahakan membawa air minum sendiri dari kos.

Nah itulah tiga tips dan trik untuk hidup hemat ala anak kos. Jika kita hemat, kita bisa menggunakan uang kita untuk menabung atau untuk membeli kebutuhan lainnya yang lebih bermanfaat. Semoga membantu!

 


Penulis - Bella Dwi