6 Tempat Wisata Populer di Jawa Timur yang Perlu Anda Ketahui

HIRANKA.COM - Provinsi Jawa Timur yang terdiri dari 29 kabupaten dan 9 kota terkenal dengan berbagai tempat wisata yang menarik dan unik. Provinsi yang menjadi rumah bagi 39,74 jiwa pada tahun 2019  ini menawarkan wisata alam yang sangat beragam. Pantai, gunung-gunung indah, wisata gua, berbagai air terjun, hutan-hutan yang asri, juga wisata kuliner dapat menjadi pilihan yang tepat.

Terdapat berbagai macam tempat wisata yang ditawarkan oleh masing-masing kabupaten atau kota. Ketika hari libur datang, sebagai destinasi wisata di Jawa Timur dipenuhi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Tempat Wisata Populer di Jawa Timur

Jika kamu memilih untuk berlibur di Jawa Timur, berikut kami berikan beberapa destinasi wisata terbaik yang dapat kamu kunjungi.

1. Kawah Ijen

sumber @andhiekrainlis
Ikon terkenal di Jawa Timur ini terletak di kabupaten Banyuwangi. Kamu dapat menikmati pemandangan kawah penuh belerang yang terus-menerus disemburkan dari gunung. Pemandangan ini akan tampak sangat indah terutama jika langit gelap atau saat fajar menyingsing.

Tak lupa juga, kamu bisa menikmati dan mengamati aktivitas para penambang belerang, juga semburan api biru yang sangat menakjubkan.

2. Taman Nasional Baluran

Sumber @btn_baluran
Di taman ini terdapat sabana yang sangat luas yang menjadi rumah bagi banyak binatang liar dan tumbuhan hijau terutama saat musim hujan tiba. Berbagai hewan yang jarang kita lihat seperti anjing hutan, rusa, kijang, dan macan tutul bahkan kerbau liar masih dapat kita temukan di sini.

Kamu bisa menikmati ragam satwa dan pemandangan dari berbagai pos pengamatan seperti Bekol, Bama, Kalitopo atau Manting.

Taman Nasional ini seluas 25 ribu hektar ini juga mencakup kawasan Gunung Baluran dan terletak di wilayah Situbondo dan Banyuwangi.

3. Gunung Bromo

Sumber @canro.simarmata
Tentu semua orang sudah pernah mendengar keajaiban pemandangan yang disajikan oleh gunung Bromo. Gunung Bromo sangat terkenal bahkan hingga mancanegara. Gunung berketinggian 2329 mdpl ini memiliki lautan pasir yang luas, pemandangan yang indah, dan berbagai aktivitas menyenangkan seperti berkuda di padang pasir.

4. Pantai Klayar

Sumber @ardyfery
Jawa Timur juga memiliki destinasi wisata berupa pantai. Jika kamu merasa pantai-pantai di Bali sudah terlalu ramai, singgahlah ke pantai-pantai yang ada di Jawa Timur, salah satunya Pantai Klayar, Pacitan.

Meskipun pantai ini memiliki ombak yang sangat ganas sebab letaknya yang berada di tepi Samudera Hindia, sehingga tidak cocok untuk berenang, akan tetapi pemandangan bukit-bukit karang yang kokoh di tengah kuatnya debur ombak menjadi pemandangan yang menyihir para wisatawan.

Kamu tidak perlu susah-susah berenang, berdiri di kawasan dekat batu karang dan cipratan ombak akan membasahi seluruh tubuhmu.

5. Situs Trowulan

Sumber @herman.mboys99
Pasti kamu pernah mendengar bahkan mempelajari tentang kejayaan kerajaan Majapahit di masa lampau. Ternyata ibukota Majapahit terdapat di Jawa Timur loh. Kawasan yang disebut Trowulan ini terdapat di wilayah Kabupaten Mojokerto.

Kamu masih dapat menyaksikan peninggalan-peninggalan bersejarah bekas masa kejayaan kerajaan Majapahit. Situs ini memiliki beberapa kompleks yang tersebar di beberapa tempat. Kamu bahkan masih dapat menyaksikan tempat yang dulu pernah menjadi rumah Mahapatih Gajah Mada, yang ditandai dengan sebuah gapura.

6. Air Terjun Coban Rondo

Sumber @dunialoka.id
Air terjun ini terletak di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 1 jam dari pusat kota, air terjun ini dikunjungi sekitar 1.500 orang setiap harinya bahkan berkali lipat ketika libur tiba.

Air terjun setinggi 75 meter ini dikatakan berasal dari legenda tentang kisah antara Dewi Anjarwati dengan Raden Baron Kusuma yang pernikahan mereka diganggu oleh Joko Lelono.

Raden Baron Kusuma yang konon kemudian berkelahi dengan Jokowi Lelono akhirnya meninggal begitu pula dengan musuhnya, ini menyebabkan Dewi Anjarwati berstatus janda, atau yang dalam bahasa Jawa disebut Rondo.

Kamu juga dapat menikmati fasilitas seperti ATV, playground, camping site, taman-taman bahkan flying fox di area air terjun ini.


penulis - Lalu Muhammad Hayyi