6 Lokasi Wisata Favorit Daerah Jawa Tengah


HIRANKA.COM - 
Terletak di tengah-tengah pulau Jawa, Provinsi Jawa Tengah dianugerahi dengan berbagai kekayaan alam maupun budaya. Siapa yang tidak kenal dengan indahnya Gunung Merapi, atau masyhurnya budaya Kasunanan Surakarta?

Wilayah Provinsi Jawa Tengah memiliki luas 32.801 km². Dibanding dengan 2 'provinsi besar' lainnya di Pulau Jawa, Jawa Tengah memang lebih kecil. Tetapi kondisi geografis dan geologisnya yang spesial, serta statusnya sebagai bekas pusat peradaban Jawa (Mataram) di masa lampau mewariskan berbagai hal yang menarik.

Tak pelak lagi, hal ini menjadikan Jawa Tengah sebagai salah satu provinsi favorit tujuan wisatawan lokal dan internasional. Selama tahun 2022, dalam periode Januari-Agustus saja, tercatat 26 juta wisatawan mengunjungi Jawa Tengah. Berarti lebih dari setengah jumlah populasi provinsi yang didiami oleh 35 juta orang ini datang dari tempat lain untuk menikmati keindahannya yang melegenda.

Pada periode Nataru (natal dan tahun baru) 2022 saja diperkirakan 9 juta orang menghabiskan liburan di wilayah Jawa Tengah. Memang seberapa indah ya? 

6 Lokasi Wisata Favorit Daerah Jawa Tengah

Jika kalian berminat untuk berkunjung ke Jawa Tengah, simak dahulu rekomendasi tempat wisata yang kami berikan di bawah ini:

1. Candi Borobudur

Sumber: instagram @hajar_prasetyo

Terletak di 40 km dari barat pusat Kota Yogyakarta, candi ini merupakan salah satu warisan peninggalan agama Budhda di masa lalu.

Dibangun oleh Dinasti Syailendra pada abad ke-8 Masehi, candi yang terletak di sekitar aliran sungai Elo dan Progo ini didirikan untuk penganut agama Buddha Mahayana. Candi ini juga adalah candi Budha terbesar di dunia lho!

Terdapat 504 buah stupa dan lebih dari 1400 relief yang dapat kalian saksikan dalam kompleks Candi Borobudur.

Candi ini terdiri dari tiga tingkat, yaitu Kamadhatu, Rupadhatu, dan Arupadhatu. Yang lebih menakjubkan lagi, jika diteliti maka volume total batu yang digunakan untuk membangun candi Borobudur adalah sekitar 5.500 meter kubik atau hampir 2 juta potong batu. Mengagumkan bukan?

2. Candi Prambanan

Sumber: instagram @bb.celine

Candi Prambanan berlokasi di Kabupaten Klaten di daerah perbatasan antara provinsi Yogyakarta dengan Jawa Tengah. Menurut legenda yang berkembang di masyarakat, candi ini dibangun oleh Bandung Bondowoso yang diminta oleh Roro Jonggrang untuk membangun 1000 candi dalam semalam.

Meskipun begitu, candi Hindu terbesar di Indonesia ini dibangun pada tahun 850 oleh Rakai Pikatan dari dinasti Sanjaya. Candi ini dipercaya bentuk pemuliaan terhadap dewa penghancur dalam kepercayaan Hindu yaitu dewa Siwa.

Meskipun sempat beberapa kali dilakukan pemugaran, kesan orisinalitas dari kompleks candi Prambanan ini masih sangat terasa.

3. Dataran Tinggi Dieng-Wonosobo

Sumber: instagram @explorejateng_

Tempat wisata lain yang tidak boleh kalian lewatkan di wilayah Jawa Tengah ini terletak di Kabupaten Wonosobo. Tempat ini dikenal dengan nama Dataran Tinggi Dieng dan sudah sangat termasyhur di kalangan wisatawan.

Dataran Tinggi Dieng (Dieng Plateau) terletak di ketinggian 2000 mdpl dan berjarak 30 km dari pusat Kota Wonosobo. Kamu dapat menemukan kawah gunung berapi di tempat ini. Di kawasan ini juga terletak banyak candi Hindu yang keindahannya bisa kalian nikmati.

Tempat ini sangat cocok untuk kegiatan camping, sebab kalian akan dapat menikmati keindahan suasana malam hari yang tersaji.

Kalian juga bisa menikmati indahnya Sumur Jalatunda, Bukit Sikunir, dan Telaga Warna yang memiliki asal usul serta legenda masing-masing.

4. Taman Nasional Karimunjawa

Sumber: instagram @harikonservasialamnasional

Kawasan Taman Nasional Karimunjawa terletak di Kabupaten Jepara. Kepulauan yang terdiri dari 27 pulau ini tersebar di laut utara Pulau Jawa.

Berjarak sekitar 40 mil laut dari pantai Jepara, tempat ini terkenal dengan keindahan laut yang luar biasa. Berbagai jenis ikan yang unik, spesies-spesies terumbu karang, juga pulau-pulau kecil yang menakjubkan menjadi magnet bagi para wisatawan.

Kalian juga bisa menikmati aktivitas lain seperti menyelam, memancing, snorkling, dan lain sebagainya di wilayah ini. Jangan takut sebab banyak penginapan-penginapan kecil tersedia di hampir seluruh pulau utama di Karimunjawa.

5. Hutan Pinus Kayon

Sumber: instagram @malaywardiwira_

Jika sudah bosan dengan wisata pantai atau gunung, berjalan-jalan di hutan pinus menjadi salah satu opsi yang menarik bukan?

Hanya dengan berkendara kurang lebih 1 jam dari Kota Semarang, kalian dapat menikmati indahnya hutan pinus Kayon yang berlokasi di area Balai Taman Nasional Gunung Merbabu. Hanya dengan Rp.8.500 saja kalian sudah dapat menikmati indah dan tenangnya pemandangan hutan pinus ini.

Selayaknya wisata Hutan Pinus Mangunan di Jogja, deretan pohon pinus yang indah akan segera memanjakan mata. Bentuk pohon pohon yang unik juga dapat menjadi pilihan untuk mengambil foto yang instagramable lho!

6. Keraton Surakarta

Sumber: instagram @khusnulfitria_

Keraton Surakarta atau bernama resmi Keraton Kasunanan Surakarta terletak di Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

Dibangun pada tahun 1744, Keraton ini dimaksudkan sebagai pengganti dari Keraton Kartasura. Susuhunan Pakubuwana II yang membangun keraton ini memadukan gaya Eropa dengan gaya Jawa dalam model bangunannya. Keraton ini menjadi saksi berbagai peristiwa sejarah sebab merupakan tempat tinggal dan pusat pemerintahan dari raja-raja Mataram Islam.

Di dalam Keraton kalian dapat menyaksikan peninggalan-peninggalan dari masa lampau seperti hadiah dari raja-raja Eropa, pusaka milik Keraton, fragmen berbagai candi, barang-barang antik lainnya.

Pada Hari-hari tertentu Keraton Surakarta juga menggelar berbagai event budaya seperti Sekaten dan Suranan.


penulis - Muhammad Hayyi