Jangan Salah Cara Diet! Inilah 6 Tips Diet Sehat Untuk Kamu

Kebanyakan diantaranya mengira bahwa cara diet paling sehat adalah dengan mengurangi porsi makan saja. Padahal pada faktanya tidak seperti itu

HIRANKA.COM - Pada zaman ini banyak sekali orang-orang yang ingin mendapatkan postur tubuh yang seimbang. Akhirnya banyak yang melaksanakan program diet. Kebanyakan diantaranya mengira bahwa cara diet paling sehat adalah dengan mengurangi porsi makan saja. Padahal pada faktanya tidak seperti itu

Program diet harus dilaksanakan dengan cara yang tepat. Hal ini memang tak semudah apa yang dilakukan. Akan tetapi jika kamu melakukan cara yang salah bisa saja ini malah membahayakan kesehatanmu sendiri. Berikut adalah beberapa cara diet sehat yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Mengenali Kebutuhan Kalori

Cara yang paling baik untuk memulai diet kamu adalah dengan memperhitungkan kebutuhan kalori kamu setiap hari. 

Kebanyakan orang merasa lemas meskipun sudah makan dan minum dengan porsi besar atau dari makanan dengan kandungan kalori yang lebih dari cukup. Ini terjadi karena kalori yang diasup melebihi kebutuhan kalori harian. 

Menghitung kebutuhan kalori harian dan kemudian makan dan minum sesuai dengan perhitungan tersebut akan membuat fungsi tubuh menjadi lebih baik baik dalam hal berpikir maupun optimalisasi kerja organ dalam.

2. Makan Dengan Teratur

Banyak orang yang ingin diet malah tidak makan sama sekali atau melewati waktu makan yang seharusnya, ini merupakan persepsi yang salah. Diet dengan tidak makan dengan teratur malah sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat menyebabkan stres serta gangguan organ.

Kamu boleh membagi waktu makan menjadi 3 kali dalam sehari untuk makan besar atau 6 kali makan sehari untuk waktu kecil.

Tapi ingat untuk tidak mengkonsumsi kalori lebih besar dari kebutuhan harian kamu.

3. Makan dengan Gizi Seimbang

Meskipun sedang diet tubuh kita tetap membutuhkan berbagai jenis makanan yang mengandung zat-zat penting. Oleh karena itu memperhatikan gizi makanan juga penting meskipun sedang menjalani diet.

Kementerian Kesehatan RI menyebutkan bahwa makanan dengan gizi baik, dalam setiap porsinya terdiri dari:

  • lauk pauk
  • makanan pokok atau karbohidrat
  • sayuran hijau maupun warna-warni
  • buah-buahan

4. Berhenti Makan Sebelum Kenyang

Kebanyakan orang makan dengan porsi berlebih padahal dirinya sudah kenyang.

Jika anda sedang menjalankan program diet maka berhentilah makan sebelum merasa kenyang.

Cara makan seperti ini juga dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wasallam dan sangat berdampak positif untuk kesehatan serta keseimbangan gizi dalam tubuh.

5. Rajin Berolahraga

Selain mengatur cara makan, berolahraga juga tidak boleh dilupakan. Sebenarnya olahraga yang dibutuhkan dalam program diet bukanlah yang berat intensitasnya akan tetapi yang dijalankan secara konsisten dan kontinyu. Lakukanlah olahraga paling sedikit 30 menit dalam satu hari dengan frekuensi 3 sampai 5 kali dalam seminggu, sesuaikan dengan kemampuan dan aktivitas anda lainnya.

Kegiatan-kegiatan harian juga sebenarnya dapat dihitung sebagai olahraga seperti membereskan rumah membersihkan halaman atau berjalan kaki.

6. Beberapa Opsi Makanan

Kami memiliki beberapa opsi makanan sehat dan cocok untuk kamu yang melaksanakan program diet, tapi mudah untuk didapatkan di sekitarmu.

  • Apel

Apel kaya akan kandungan serat. Buah yang berwarna merah atau hijau ini juga memiliki kalori yang sangat rendah, yaitu hanya 50 kal untuk sebuah apel berukuran kecil dengan bobot 85 gram.

  • Brokoli

Sayuran ini kaya akan kandungan vitamin, serat dan mineral. Disamping itu, brokoli memikili kandungan kalori yang rendah, satu gelas brokoli hanya memiliki 30 kal.

  • Putih Telur

Protein yang sangat tinggi dalam putih telur dibarengi dengan kandungan lemak yang rendah. Sangat cocok untuk asupan diet kamu.

  • Ikan

Beberapa ikan memiliki kandungan lemak baik, yang cenderung membantu untuk menurunkan berat badan. Biasanya kandungan ini terdapat pada ikan perairan laut seperti tuna dan salmon.