6 Pilihan Tempat Wisata Alam Terdekat di Provinsi Lampung

Wisata alam terdekat di Provinsi Lampung yang biasanya disebut ‘Bumi Ruwai Jurai’ ini memiliki keindahan alam yang masih banyak belum diketahui orang

HIRANKA.COM - 
Provinsi Lampung terletak di wilayah paling selatan Pulau Sumatera.

Daerah yang disebut ‘Bumi Ruwai Jurai’ ini memiliki keindahan alam yang masih banyak belum diketahui orang lho.

Berikut Wisata Alam Terdekat di Provinsi Lampung

1. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas merupakan salah satu tempat konservasi fauna dan satwa liar yang terletak di daerah Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung.

Di tempat ini yang paling terkenal adalah satwa Gajah Sumatera. Spesies gajah yang hampir punah ini dapat kalian temukan di sini. Kalian bahkan dapat berinteraksi secara langsung dengan satwa langka ini, lho!

Kalian hanya butuh merogoh kocek sejumlah Rp.5-7 ribu untuk masuk ke dalam areal taman nasional.

2. Air Terjun Curup Lestari

Terletak di daerah Kota Batu, Pubian, Lampung Tengah, wisata air terjun sudah populer terutama di antara masyarakat Lampung.

Berjarak hanya sekitar 2 jam dari Kota Bandar Lampung, kalian tidak bisa langsung sampai ke air terjun ini dengan kendaraan pribadi kalian. Disarankan untuk menaiki ojek pada 3 kilometer terakhir sebab jalannya yang sangat curam.

Dengan ketinggian 30-35 meter, air terjun ini menyajikan pemandangan yang memukau dengan air yang masih jernih dan sangat sejuk.

Kalian juga bisa mencicipi buah-buahan seperti manggis dan durian yang dijual di sekitar air terjun.

Berfoto tentu saja tidak bisa dilewatkan begitu saja di wisata alam yang menyegarkan ini.

3. Danau Suoh

Spot wisata indah yang dapat kamu jadikan pilihan selanjutnya adalah kompleks Danau Suoh.

Kompleks danau ini terletak di Kabupaten Lampung Barat. Wisata danau dan geothermal menjadi andalan kawasan ini.

Secara keseluruhan, kompleks Danau Suoh merupakan komplek yang terdiri dari 4 buah danau, yaitu Danau Minyak, Danau Lebar, Danau Belibis, dan Danau Asam. Sesuai dengan nama-nama uniknya, keempat danau tersebut memiliki karakteristik khusus yang berbeda-beda.  Danau Asam memiliki air dengan rasa yang asam sebab rendahnya kadar pH air. Danau Minyak yang nampak seperti hamparan minyak yang mengambang. Danau Belibis yang ditumbuhi ilalang liar di sekitarnya sangat cocok untuk berfoto ria.

Anda tidak perlu membayar apapun untuk masuk ke lokasi ini.

4. Mata Air Way Sumpuk

Kamu ingin merasakan sensasi berfoto ria di bawah air atau biasa disebut underwater photography dengan hasil yang estetik dan memuaskan? Cobalah untuk berlibur ke Lampung tepatnya di Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, dimana Mata Air Way Sumpuk berada.

Meskipun memang kompleks mata air ini tidak terlalu luas, tapi air yang ada disana sangat jernih sehingga kalian foto kalian di bawah air akan terlihat sangat jelas dan indah.

Mata Air Way Sumpuk ini memang sudah mulai populer sejak 5-6 tahun yang lalu sebagai spot foto underwater.

5. Goa Pantai Minang Rua

Selain terkenal dengan wisata berbasis air, seperti pantai, danau dan mata air, Lampung juga menyimpan gua yang indah bernama Goa Pantai Minang Rua.

Sesuai namanya, goa ini terletak di pinggir Pantai Minang Rua, Bakauheni, Lampung Selatan. Setelah lelah berenang dan bermain pasir di pantai, bertualang di bukit batu dan gua ini tampaknya sangat mengasyikkan.

6. Pulau Balak

Jika sudah bosan dengan pantai atau tempat wisata yang ramai, mengunjungi pulau indah yang tak berpenghuni tentu merupakan pilihan yang bagus, ya?

Salah satu yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Pulau Balak, yang terletak di Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Pulau ini memiliki panorama yang masih sangat asri dengan hamparan pantai berpasir putih yang akan segera membuatmu melupakan semua beban hidup, guys!