6 Pilihan Tempat Wisata Terbaik di Banten


HIRANKA.COM - Terletak di ujung terbarat Pulau Jawa, Provinsi Banten juga memiliki banyak sekali tempat-tempat indah yang patut menjadi destinasi liburan kalian.

Provinsi yang beribukota di Kota Serang ini terkenal dengan bentang alamnya yang masih hijau dan juga pantai-pantai perawan yang masih asri.

Tempat Wisata Terbaik dan Terdekat di Banten

Berikut kami berikan beberapa opsi tujuan wisata yang bisa kalian pertimbangkan untuk liburan nanti:

1. Pantai Anyer

Pantai ini sudah cukup terkenal terutama untuk masyarakat Jabodetabek dan ramai dikunjungi, sebab jaraknya yang cukup dekat dengan kota-kota besar.

Pantai yang terletak di Kabupaten Serang, Banten ini mempunyai hamparan pasir putih yang indah dan mempesona. Disebut dengan nama ‘Anyer’ sebab lokasinya yang berada di Kecamatan Anyer.

Kamu dapat menikmati berbagai aktifitas menyenangkan di pantai ini. Di antaranya berenang, surfing, diving, menikmati keindahan pantai, atau menikmati hidangan seafood yang banyak disajikan di tenda-tenda atau gubuk-gubuk tepi pantai.

Jika kamu berencana untuk stay lebih dari semalam, di Anyer banyak tersedia hotel-hotel yang dapat menjadi pilihan untuk menginap.

2. Pantai Tanjung Lesung

Jika kamu sudah bosan dengan pemandangan Pantai Anyer atau ingin mencari pantai lain yang lebih sepi, cobalah untuk berkunjung ke Pantai Tanjung Lesung.

Tanjung Lesung adalah area yang terdapat di Kabupaten Pandeglang, Banten, dengan jarak kurang lebih 180 Km dari Jakarta.

Kawasan pantai yang terletak di wilayah ini masih sangat indah dan terawat. Pemandangannya masih begitu asri, bersih, dan tentu saja memanjakan mata terutama dengan suguhan hamparan pasir putih yang mempesona.

Kamu bisa mencoba menyelam, memancing, bahkan menginap di beberapa villa yang tersedia di sini.

Meskipun begitu, disarankan untuk tidak berenang apalagi pada musim hujan sebab ombak yang terdapat di tempat ini lumayan besar.

Pantai perawan ini dapat menjadi pilihan untuk kamu yang ingin mencoba nuansa berbeda saat liburan ke Banten.

3. Taman Nasional Ujung Kulon

Di ujung terbarat Pulau Jawa jika kalian lihat di peta, terdapat semacam semenanjung yang berbentuk seperti cula badak. Tempat ini memang benar-benar memiliki badak, lho!

Taman Nasional Ujung Kulon juga memiliki beberapa pulau yang tersebar di sekitarnya. Camping, Tracking, menjelajah, observasi dan lain sebagainya bisa kamu lakukan di areal yang sangat luas dengan hutan yang masih terjaga.

Kamu harus berhati-hati sebab banyak satwa liar dilindungi yang dikonservasi di tempat ini. Salah satunya adalah badak bercula satu, yaitu salah satu spesies hewan yang terancam punah.

4. Kampung Suku Baduy

Berlokasi di Kabupaten Lebak, Banten. Kampung ini merupakan rumah bagi masyarakat Suku Baduy. Suku Baduy dikenal masih menjaga budaya dan adat istiadatnya hingga saat ini.

Didiami oleh sekitar delapan ribu jiwa, terdapat dua kawasan di tempat ini. Kampung Baduy Dalam adalah rumah untuk masyarakat Suku Baduy yang masih sangat kental menjaga tradisinya, dan menolak campur tangan dunia luar, biasanya ditandai dengan pakaian dominan berwarna putih. Sementara Kampung Baduy Luar lebih toleran terhadap perubahan dunia luar, dan penduduknya banyak menggunakan pakaian hitam-hitam.

5. Masjid Agung Banten

Masjid ini adalah salah satu peninggalan dari Kota Banten Kuno yang dahulu merupakan pusat perniagaan Nusantara.

Masjid tersebut dibangun pada masa pemerintahan Sultan Maulana Yusuf yang merupakan sultan ketiga dari Kesultanan Banten sekitar tahun 1556. Kemudian sekitar 30 tahun setelahnya ditambahkan bangunan serupa aula, dan pada abad 17 bangunan menara ditambahkan ke dalam kompleks masjid.

Dengan bangunan bergaya arsitektur Jawa, China, India, dan Eropa, masjid ini memiliki keindahan yang mengagumkan.

Terdapat pula makam-makam para tokoh masa lampau yang dapat diziarahi oleh para pengunjung.

Selain itu, pengunjung juga dapat mendapati payung-payung besar otomatis seperti yang terdapat di Masjid Nabawi di Madinah.

6. Gunung Krakatau

Terkenal di seluruh dunia dengan letusan maha dahsyatnya di masa lampau, kini Gunung Krakatau terkenal dengan keindahannya yang memanjakan para pendaki.

Kamu bisa mencoba mendaki gunung yang terletak di Pulau Krakatau ini. Banyak sekali agen perjalanan yang menyediakan paket pendakian dari 1 hari sampai 4 hari lama pendakian.