5 Masakan Indonesia yang Paling Terkenal di Dunia

HIRANKA.COM - Bicara tentang makanan, Indonesia merupakan salah satu negara dengan makanan paling terkenal di seluruh dunia. Menurut data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, pada dasawarsa 2010-an saja, wisatawan luar negeri menghabiskan 18-20% dari pengeluarannya untuk wisata kuliner, dan merupakan pengeluaran tertinggi kedua yang dialokasikan oleh para turis selama perjalanan mereka. Pada tahun 2018, angka ini bahkan meningkat hingga 40%.

Laporan jurnal Asian Tourism Forum 2016 menyebutkan, kekayaan kuliner ini menjadi salah satu berkah juga tantangan untuk Indonesia. Tantangannya adalah kesulitan untuk menempatkan salah satu makanan sebagai pusat promosi ke pasar global, sehingga terkadang promosi makanan Indonesia kurang menjadi kurang efektif.

Beberapa prakonsepsi dan labeling juga melekat untuk kuliner negeri ini. Masih dilansir dari jurnal yang sama, beberapa label seperti rice-oriented, spicy, tasty, sweet, oily, mostly fried, herb spices dan halal-based merupakan label yang umum dalam persepsi masyarakat internasional tentang makanan-makanan Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, banyak pula ditemukan restoran-restoran di luar negeri yang menjajakan kuliner khas Indonesia. Bahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menargetkan 4000 restoran Indonesia di luar negeri terwujud sebelum 2024. Kemenparekraf menyusun rencana program ini dalam tajuk program ‘Indonesia Spice Up The World’.

Beberapa kuliner Indonesia sudah sangat populer di dunia internasional. Berikut kami berikan ringkasan tentang 5 masakan Indonesia yang paling terkenal di dunia:

1. Nasi Goreng

Siapa yang tidak kenal nasi goreng? Nasi yang digoreng dengan minyak dengan campuran beberapa bumbu ini merupakan salah satu kuliner khas Indonesia. Nasi goreng tampaknya lahir dari pengaruh budaya China yang juga menggoreng nasi, namun lebih umum menggunakan kecap asin alih-alih kecap manis.

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, saat datang ke Indonesia pada tahun 2010 silam dilaporkan segera memesan nasi goreng untuk makan.

Nasi goreng Indonesia mirip dengan Pad Thai asal Thailand, bedanya Pad Thai umumnya dibuat menggunakan mie.

2. Sate

Sate adalah makanan berupa daging yang dibakar di atas arang panas sampai matang. Biasanya masyarakat menggunakan daging ayam, kambing, domba maupun sapi untuk membuat sate.

Meskipun beberapa negara selain Indonesia mengklaim sate sebagai produk kuliner mereka, namun Indonesia menetapkan sate sebagai salah satu dari 5 makanan nasional.

Sate di Indonesia biasanya menggunakan saus kacang. Kacang sendiri baru diperkenalkan oleh pedagang Spanyol dan Portugis yang membawanya dari Meksiko.

3. Soto

Berbagai macam versi soto dapat kita temukan di hampir seluruh wilayah Indonesia. Menurut MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia), terdapat lebih dari 100 varian soto di Indonesia. Lebih membanggakan lagi, baru-baru ini soto ayam dimasukkan pada daftar 20 jenis sup di dunia.

Beberapa jenis soto yang paling terkenal adalah Soto Mie Bogor, Soto Padang, Coto Makassar, Soto Kudus dan Soto Betawi. Apa kalian sudah mencoba semuanya?

4. Rendang

Hidangan daging kaya bumbu dengan cita rasa yang unik asal Padang ini sudah tak asing lagi dikenal sebagai World Cuisine asal Indonesia. Rendang memang terkenal dengan bumbunya yang menggugah selera, nomadicboys.com menyebut salah satu alasannya adalah sebab Padang yang merupakan daerah asal rendang terletak di dataran tinggi yang dingin dan subur, sehingga memungkinakn penduduknya untuk menggunakan lebih banyak rempah-rempah dalam makanan.

Keunikan rendang ini jugalah yang menyebabkan salah satu chef terkenal, Gordon Ramsay mengunjungi Sumatera Barat untuk mendalami cita rasa dan kekayaan rempah-rempah di bumi nusantara di tahun 2020.

5. Gado-Gado

Dijuluki sebagai the Indonesian mega salad, gado-gado menjadi salah satu kuliner yang banyak menarik perhatian wisatawan mancanegara.

Gado-gado dalam bahasa Indonesia dapat diterjemahkan menjadi ‘mencampur-campur’. Memang faktanya makanan itu dibuat dengan mencampur kentang, kacang, taoge, bayam, bayam, jagung dan kol. Kini kemudian ditambah dengan potongan tahu, telur rebus, dan kerupuk, lalu ditambahi saus kacang. 

Pada tahun 2018, Kementerian Pariwisata menetapkan kelima makanan di atas sebagai makanan nasional Indonesia. Penentuan ini didasarkan pada hasil diskusi komunitas-komunitas kuliner yang ada di Indonesia.