Kuliah di Turki, Kenapa Nggak?

HIRANKA.COM, TURKEY - Kuliah di luar negeri memang menjadi impian bagi banyak pelajar Indonesia. Selain untuk menuntut ilmu tentunya, kuliah ke luar negeri juga memiliki banyak sekali nilai tambah. Menambah pengalaman, memperluas relasi, membangun jaringan, membuka wawasan dan masih banyak lagi nilai tambah yang sobat bisa dapatkan jika melanjutkan pendidikan ke luar negeri.

Meski jauh dari keluarga, teman dan kerabat, sobat tak perlu takut. Perlahan tapi pasti kalian pasti akan menemukan teman-teman baru. Di kebanyakan negara juga biasanya ditemukan organisasi PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) sebagai wadah komunikasi dan kerjasama para pelajar dan mahasiswa asal Indonesia di wilayah tersebut. Jadi, sobat akan menemukan banyak tempat untuk meminta bantuan jika menghadapi suatu masalah atau seandainya membutuhkan informasi tertentu. Kalian juga dapat menghubungi KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) yang ada di Ibukota negara tersebut, atau KJRI (Konsulat Jenderal Republik Indonesia) di kota-kota besar non-ibukota.

Belakangan ini, salah satu negara yang menjadi tujuan favorit pelajar Indonesia untuk melanjutkan studinya adalah Turki (Türkiye), dilansir dari alfatih student center, jumlah mahasiswa Indonesia meningkat 25% setiap tahunnya sejak tahun 2019. Beberapa faktor yang membuat Turki menjadi negara tujuan favorit untuk belajar diantaranya adalah sebagai berikut:

1. 99% Penduduknya Beragama Islam

Meskipun dikenal sebagai negara sekuler dan modern. Ternyata hampir seluruh penduduk Turki adalah muslim. Sebagaimana di Indonesia, masjid juga akan sangat mudah ditemukan di negara dengan bendera bulan sabit dan bintang ini. Makanan yang dijual juga kebanyakan adalah makanan halal. Tentu hal tersebut sangat menguntungkan. Sebab umumnya kesulitan yang dialami oleh pelajar maupun pelancong asal Indonesia di luar negeri adalah masalah ibadah dan makanan halal.

2. Terletak di antara Benua Eropa dan Asia

Jika kita membuka atlas atau peta dunia, tampak Turki berada dekat dengan kawasan negara-negara Arab (Timur Tengah). Namun jangan lupa, Turki juga merupakan pintu gerbang menuju Benua Eropa yang tersohor itu. Bahkan beberapa provinsi seperti Istanbul dan Edirne, terhitung secara geografis merupakan bagian dari Eropa. Secara budaya dan sosial, kita bahkan dapat menyimpulkan bahwa gaya hidup orang-orang Turki serta sistem pemerintahan yang berlaku mengikuti negara-negara Eropa. Jadi jika tidak mampu pergi ke negara-negara Eropa yang masyhur seperti ke Inggris, Perancis, atau Jerman, pergilah ke Turki.

3. Pemandangan Alam yang Indah

Banyak turis pergi ke Indonesia untuk melihat gunung hijau, sawah membentang dan pantai-pantai indah, bukan? Nah, jika Anda berkesempatan kuliah ke Turki, Anda juga akan disuguhi pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Bermain ski di Uludağ (Bursa), menikmati pantai pantai, lembah kota batu (Goreme), kolam putih (Pamukkale), pemandangan kota kota indah seperti Cappadoccia dan Fethiye juga masih banyak lagi tempat-tempat dengan spot pemandangan alam menakjubkan yang dapat kalian nikmati semasa libur mingguan atau musim panas, guys!

4. Biaya Hidup yang Relatif Murah

Meskipun terhitung bagian dari Eropa, biaya hidup di Turki tergolong cukup terjangkau untuk pelajar Indonesia. Mata uang rupiah (RP) juga cukup kuat jika dibandingkan dengan TL (Turkish Lira). Saat artikel ini ditulis, 1 TL bernilai kira-kira Rp. 850,-. Sebagai gambaran, pengeluaran seorang mahasiswa di kota besar seperti Istanbul kurang lebih sama dengan mahasiswa di Jakarta yang tidak tinggal di rumah bersama orang tua.

5. Tersedia Banyak Peluang Beasiswa

Inilah yang menjadi primadona di kalangan pelajar/mahasiswa Indonesia yang ingin melanjutkan studinya ke Turki. Beberapa beasiswa yang terkenal di antaranya adalah YTB (Yurtdışı Türkler ve Akraba Topluluklar Başkanlığı) yang diperuntukkan bagi pelajar yang ingin berkuliah pada jenjang S1, S2 dan S3 pada berbagai jurusan, dan TDV (Turkiye Diyanet Vakfi), untuk pelajar yang ingin melanjutkan studi pada jenjang SMA (Imam Hatip Lisesi), S1, S2, dan S3 di bidang keagamaan (Ilahiyat). Untuk informasi lebih rinci tentang kedua beasiswa tersebut akan kita bahas di artikel selanjutnya ya, guys!

Bagaimana nih, sudah mulai berniat untuk melanjutkan studi ke Turki belum? Selain informasi tentang alasan-alasan penting studi ke Turki, serta info tentang beasiswa tadi, informasi lain seputar pengalaman belajar di Turki juga akan kami bahas di artikel lain ya!


penulis : L. M. Hayyi