Bahasa Asing yang Paling Mudah Dipelajari, Yuk Mulai Belajar dari Sekarang

Bahasa yang mudah dipahami dan dipelajari diantaranya  Bahasa Spanyol Bahasa Afrikaans Bahasa Esperanto Bahasa Turki Bahasa Inggris

HIRANKA.COM - Bahasa merupakan salah satu media bagi seseorang untuk memahami pikiran orang lain. bahasa dapat dituangkan melalui perkataan lisan, tulisan, isyarat, maupun tindakan.

Saat hidup bersosial dalam lingkungan sekitar, bahasa yang biasa digunakan seseorang adalah bahasa ibu. Bahasa Ibu adalah bahasa pertama yang dipelajari seseorang secara alamiah dan menjadi alat komunikasi dasar dengan sekitarnya.

Ketika keluar dari lingkungan awalnya, seseorang harus beradaptasi dengan bahasa yang digunakan dalam lingkungan barunya itu. Jika masih dalam satu negara, atau satu ras (kebangsaan), biasanya masalah ini tidak terlalu berat. Namun, jika pindah atau pergi ke negara lain, atau tempat yang ditinggali bangsa lain, inilah yang akan menjadi tantangan. Oleh karena itu, keahlian dalam menggunakan bahasa asing sangat dibutuhkan. menguasai bahasa asing memiliki banyak kegunaan, diantaranya:

  • Mampu berkomunikasi dengan orang banyak
  • Meningkatkan kecerdasan otak
  • Mampu membaca literatur dan bacaan yang berbahasa asing
  • Menambah wawasan
  • Meningkatkan kepercayaan diri
  • Memiliki peluang kerja yang lebih luas dan beragam, dan sebagainya.

Jika kamu merasa mempelajari bahasa asing terasa begitu sulit, berikut kami berikan beberapa bahasa asing yang cukup mudah untuk dipelajari, disadur dari berbagai sumber:

1. Bahasa Spanyol

Meskipun negara Spanyol hanya memiliki luas 0,34% dari daratan planet ini, tapi bahasa Spanyol merupakan bahasa asli bagi lebih dari 500 juta orang dari seluruh belahan dunia. Selain di negara Spanyol sendiri, bahasa ini juga digunakan oleh banyak penduduk negara-negara Amerika Selatan. bahasa Spanyol juga merupakan bahasa resmi di lebih dari 20 negara di seluruh dunia.

Bahasa Spanyol dikenal sangat mudah, terutama jika kalian pernah mempelajari bahasa Inggris. Sebab banyak sekali kosakata yang sama dari dua bahasa dunia ini. selain itu, pengucapan dalam bahasa Spanyol juga hampir sama dengan penulisannya. Ini tentu sangat membantu terutama bagi penutur bahasa Indonesia yang juga pengucapannya demikian.

2. Bahasa Afrikaans

Dapat ditebak dari namanya, bahasa ini digunakan oleh penduduk Afrika. Tapi hanya terbatas di Afrika Selatan dan Namibia. Bahasa ini pada awalnya dituturkan oleh budak-budak yang dibawa oleh Belanda ke Afrika, dan orang-orang Afrikaner (keturunan Belanda yang menetap di Afrika Selatan). Kini jumlah penuturnya sekitar 10 juta orang tersebar di beberapa wilayah di Afrika Selatan, Namibia, dan beberapa wilayah di Zambia dan Botswana.

Bahasa ini sangat mirip dengan bahasa Belanda, namun dengan banyak penyederhanaan. Tata bahasanya dikenal sangat mudah, logis, dan tetap. Dalam bahasa ini juga tidak dikenal gender (pemisahan kata berkelamin laki-laki atau perempuan). Banyak sekali kata-katanya yang mirip dengan bahasa Inggris bahkan bahasa Indonesia.

3. Bahasa Esperanto

Pernah dengar tentang Bahas Esperanto sebelumnya? bahasa ini terbilang sangat unik, sebab bahasa ini asal mulanya tidak digunakan oleh negara atau kelompok masyarakat tertentu.

Bahasa Esperanto merupakan bahasa buatan yang dibuat oleh L.L. Zamenhof, diresmikan aturan bakunya pada tahun 1887. bahasa ini disebut juga bahasa netral, sebab mudah dipelajari dan merupakan hasil percobaan untuk menggabungkan bahasa yang bermacam-macam.

Pada akhir abad ke-20, penutur bahasa Esperanto tercatat sekitar 2 juta orang di seluruh dunia. Bahkan lebih dari 1.000 keluarga menjadikannya sebagai bahasa ibu. pengucapan dalam bahasa ini sama dengan apa yang tertulis. Aturan dalam tata bahasanya pun sangat mudah untuk dipahami dan dipraktikkan.

4. Bahasa Turki

Bagi beberapa orang, bahasa Turki dikenal sebagai bahasa yang rumit dan susah untuk dipelajari. Namun, bagi kalian yang menyukai matematika dan logika, nampaknya bahasa Turki bisa dijadikan sebagai pilihan.

Bahasa Turki pada awalnya dituturkan oleh Bangsa Turk, yang pada awalnya dikenal sebagai Kelompok Oguz, di Asia Tengah. Pada hari ini, bahasa Turki menjadi bahasa resmi di negara Turki dan Siprus Utara, serta dituturkan oleh 70-100 juta jiwa di Eropa dan Asia Barat. hampir seluruh pengucapan dalam bahasa Turki berbunyi sama dengan tulisannya. Tata bahasanya memang cukup kaya, namun jika hanya untuk bercakap-cakap sehari-hari, cukup 2-3 bulan untuk mempelajarinya.

Bahasa ini memiliki sangat banyak suffix (akhiran), dan perlu disusun sedimikian rupa layaknya rumus matematika, menarik bukan?

5. Bahasa Inggris

Siapa ini yang belum kenal bahasa Inggris? Bahasa dunia ini merupakan bahasa utama dalam dunia ekonomi, sosial dan pendidikan. Bahasa ini merupakan bahasa dengan penutur ketiga terbanyak di dunia (341 juta jiwa) setelah bahasa Mandarin dan bahasa Hindi. Yang membuat mudah belajar bahasa Inggris bukanlah kosakata dan tata bahasanya. Tapi karena penggunaannya yang begitu luas dan lumrah dalam kehidupan sehari-hari.

Kalian bisa mempelajari bahasa Inggris bahkan secara otodidak sekalipun. Banyak sekali modul, video, aplikasi, film, dan buku-buku yang dapat kalian gunakan dalam mempelajari bahasa Inggris. kalian juga akan mudah mempraktikkan bahasa ini, sebab sangat banyak orang di sekitar kalian yang juga mempelajari bahasa Inggris.

Nah, kalian mau mulai dari mana, guys? Semoga berhasil ya!


penulis : L. M. Hayyi