Agar Mudah Belajar Bahasa Asing, Simak Tipsnya!

HIRANKA.COM, TURKEY - Dalam artikel lalu, kami sudah memberikan beberapa saran bahasa asing yang mudah untuk dipelajari. Kalian bisa memilih salah satu dari bahasa-bahasa tersebut, dan mulai untuk mempelajarinya. Apa jangan-jangan belum mulai belajar, nih?

Di antara masalah yang dihadapi seseorang saat mulai mempelajari bahasa asing adalah kebingungan tentang cara dan metode belajar. Sebenarnya, cara belajar setiap individu berbeda. Ada yang menyukai hafalan, ada yang lebih memilih tata bahasa, ada juga yang hanya suka belajar bahasa melalui permainan, lho!

Berikut ini kami rangkumkan untuk kalian beberapa cara yang dapat kalian coba untuk belajar bahasa asing. Tinggal dipilih saja mana yang paling mudah dan menarik untuk kalian ya guys!

1. Menghafal Kosakata Baru

Bagaimana mungkin kalian berbicara suatu bahasa jika belum tahu kosakatanya? sangat tidak mungkin.

Menghafal kosakata adalah suatu kewajiban jika ingin menguasai bahasa tertentu. Tapi kemampuan menghafal seseorang berbeda-beda. Kalian tidak harus menghafal 50 kata setiap hari, tentu sangat berat. Kalian hanya cukup menghafal 3 kata saja setiap hari.

Mulailah dari kata-kata benda, kemudian selingi sekali-kali dengan kata kerja. Hafalkan dahulu kata-kata yang digunakan sehari-hari. Misalnya jika kalian adalah pelajar, carilah dulu kata-kata yang berhubungan dengan kehidupan kalian, seperti pulpen, pensil, kertas, membaca, belajar, dan lain sebagainya.

Jika sudah rutin menghafal kosakata, sedikit demi sedikit kalian akan mampu berbicara satu kalimat penuh, guys!

2. Gunakan Kosakata yang Telah Dihafal

Jika sudah menghafal, jangan lupa untuk dipraktikkan. Tak harus berupa kalimat lengkap. Kalian cukup mengucapkan kosakata yang sudah kalian pelajari saja. Misalnya jika kalian sedang belajar bahasa Inggris, lalu hanya tahu bahasa Inggris ‘Makan’ saja, yaitu ‘To eat’, kalian bisa mengatakan: “Saya mau eat.”

Tidak usah malu dan takut! Itu hanya akan menghambat proses belajar kalian, lho!

3. Tidak Usah Pusing dengan Tata Bahasa

Kebanyakan orang takut berbahasa asing karena merasa tata bahasanya jauh berbeda dan menyulitkan. Di awal proses belajar, jangan khawatir tentang ini. Berbicaralah semaumu dengan kata-kata yang kau tahu. Tata bahasa memang penting. Tapi perlahan-lahan jika sudah sering mendengar dan mempraktikkan, tata bahasa akan mudah dipelajari bahkan terkadang kalian akan mampu dengan sendirinya.

4. Perbanyak Mendengar dan Membaca

Jika sudah tahu cukup banyak kosakata dan mampu berbicara beberapa kalimat, kalian bisa menambahkan agenda ‘Listening’ dan ‘Reading’ dalam jadwal belajar kalian.

Mendengar sangat penting, sebab kalian juga harus bisa memahami perkataan orang lain. Membaca juga penting, sebab pelafalan dan memahami bacaan sangat diperhitungkan dalam kemampuan berbahasa asing.

Kalian bisa memanfaatkan aplikasi semacam YouTube, dengan menonton video berbahasa asing dan berusaha memahami kandungan video tersebut. Bisa juga dengan menghafalkan lagu-lagu dalam bahasa asing, sehingga kalian bisa belajar sambil berdendang, hehehe.

Untuk membaca, usahakan memulai dari cerita-cerita pendek, atau cerita anak-anak. Kalian juga bisa mendapatkan kosakata dan tata bahasa baru dari cerita-cerita itu.

5. Manfaatkan Aplikasi-Aplikasi Belajar Bahasa Asing

Di dunia modern kini, kalian wajib memanfaatkan fasilitas teknologi yang ada dalam proses belajar kalian. Cobalah mengunduh berbagai aplikasi belajar bahasa asing yang sangat banyak tersedia di gadget kalian. Biasanya, aplikasi-aplikasi ini membuat pembelajaran bahasa asing menjadi lebih menyenangkan dan tidak lagi membosankan. Kalian akan belajar melalui games, kuis, teka-teki, video interaktif dan lain sebagainya.

Berikut beberapa aplikasi yang patut kalian coba:

 

Selamat mencoba, teman-teman!



penulis : L. M. Hayyi