5 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik Tahun 2022

HIRANKA.COM, JAKARTA - QS AUR kembali membagikan daftar perguruan tinggi swasta terbaik. Mereka telah membuat ranking yang berisi nama-nama universitas swasta terbaik di tahun 2022 ini.

Arti QS AUR sendiri adalah Quacquarelli Symonds THE Asia University Ranking. Quacquarelli Symonds merupakan perusahaan asal Britania yang memang mengkhususkan diri dalam analisis institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia.

Semua perguruan tinggi yang masuk ke dalam daftar QS AUR ini pastinya memiliki kualitas dan standar yang tinggi. Apa saja itu? Simak di sini.

Daftar 5 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik 2022 Versi QS AUR

Pastinya banyak orang yang ingin melanjutkan pendidikan mereka ke perguruan tinggi negeri. Namun demikian, perguruan tinggi swasta juga sebenarnya tidak kalah bagus. Bahkan, kualitas perguruan tinggi swasta tersebut dapat bersaing hingga ke kancah internasional.

Untuk Anda yang masih bingung memilih perguruan tinggi swasta di Indonesia, mungkin daftar terbaru dari QS AUR ini dapat membantu. Mereka melakukan pemeringkatan instansi pendidikan yang sama-sama bergengsi.

Tahun ini, terdapat total 40 perguruan tinggi Indonesia yang masuk pemeringkatan dan semuanya berada di dalam daftar 760 perguruan tinggi terbaik. 18 diantaranya termasuk kampus swasta di Indonesia.

Adapun penilaian berdasarkan 11 indikator, yaitu:

  1. Academic reputation
  2. Faculty/Student Ratio
  3. Proportion of International Students
  4. Employer Reputation
  5. International Research Network
  6. Proportion Outbound Exchange Students
  7. Citations per Paper
  8. Proportion of Inbound Exchange Students
  9. Papers per Faculty
  10. Staff with a PhD
  11. Proportion of International Faculty

Berikut ini daftar 5 besar perguruan tinggi swasta terbaik 2022 di Indonesia menurut QS AUR:

1. Universitas Bina Nusantara

Bina Nusantara atau yang juga terkenal sebagai Binus ini berada di peringkat 220 Asia. Mereka berhasil mendapatkan poin 22,5 pada academic reputation dan 100 pada outbound exchange.

Perguruan Tinggi ini memiliki 7 fakultas dan lebih dari 30 program studi atau jurusan yang bisa Anda pilih sesuai minat.

2. Universitas Telkom

Di daftar kedua kemudian ada Universitas Telkom di peringkat 401-450 Asia. Universitas ini memiliki 7 fakultas dengan lebih dari 40 program studi atau jurusan. Adapun poin untuk academic reputation dari QS AUR adalah 15,5.

3. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Di peringkat 451-500 Asia ada Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dengan poin academic reputation 11,6. Perguruan tinggi swasta ini memiliki 8 fakultas yang menaungi 21 program studi untuk program sarjana dan 7 program magister untuk program pascasarjana.

4. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia berada di peringkat 501-550 Asia dengan academic reputation 20,8. Perguruan tinggi ini memiliki 8 fakultas dengan 4 program Diploma Tiga, 25 program Sarjana, 13 Magister, 5 program Doktor, dan 3 program Profesi.

5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Pada urutan ke 5 ada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang berada di peringkat 501-550 Asia dengan perolehan poin academic reputation 12,5. Universitas ini memiliki 10 fakultas dan 41 Program Studi, yaitu program Vokasi, Sarjana, Magister, Program Doktor, Program Profesi dan Internasional.

Itulah daftar perguruan tinggi swasta terbaik 2022 di Indonesia versi QS AUR. Hal tersebut membuktikan bahwa perguruan tinggi swasta masih bisa bersaing dengan perguruan tinggi negeri dalam segi kualitas.